Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ATPK Resources bersiap emisi saham baru

JAKARTA: PT ATPK Resources Tbk berencana menerbitkan saham baru tanpa hal memesan efek terlebih dahulu (non-preemptive rights) sebanyak 83,12 juta lembar saham pada akhir tahun ini.Direktur ATPK Resources Albert J. Bangun mengatakan jumlah itu setara

JAKARTA: PT ATPK Resources Tbk berencana menerbitkan saham baru tanpa hal memesan efek terlebih dahulu (non-preemptive rights) sebanyak 83,12 juta lembar saham pada akhir tahun ini.Direktur ATPK Resources Albert J. Bangun mengatakan jumlah itu setara dengan 10% dari saham seri B. Rencana penerbitan saham baru dengan nilai pelaksanaan sekitar Rp155 per lembar saham itu sudah mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini.Dari penerbitan itu perseroan akan mendapat dana segar sebesar Rp12,88 miliar. Sebanyak 59,49% atau sekitar Rp7,66 miliar dari perolehan dana itu akan digunakan untuk tambahan modal kerja dan sisanya 40,51% atau sekitar Rp5,22 miliar digunakan untuk membayar utang perseroan.“Kami baru saja mendapat persetujuan untuk menerbitkan saham baru non-HMETD. Rencananya kami menerbitkan 83,12 juta lembar saham baru. Sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk membeli tetapi kami belum tentukan siapanya. Kami harapkan dapat terlaksana pada akhir tahun ini,” ujarnya, hari ini.Dia menambahkan, dengan dilaksanakannya non-preemptive rights itu akan memengaruhi neraca keuangan perseroan. Berdasarkan data perseroan, jumlah aset akan naik menjadi Rp121,81 miliar setelah pelaksanaan non-preemptive rights dari Rp114,14 miliar pada September 2011. Adapun jumlah kewajiban perseroan akan turun menjadi Rp70,61 miliar dari Rp75,83 miliar.“Dengan adanya penambahan modal melalui non-HMETD, jumlah kas dan setara kas kami naik. Selain itu, dana dari rights issue juga akan digunakan untuk membayar sebagian utang sehingga jumlah kewajiban lancar kami berkurang. Selain itu modal saham kami juga akan meningkat,” jelasnya.Pada perdagangan sore ini, emiten berkode saham ATPK  berada pada level Rp153, menguat 0,66% dari penutupan perdagangan sebelumnya dan menjadikannya berkapitalisasi pasar Rp121,17 miliar. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Teguh Purwanto
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper