Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi: Mundurnya Berlusconi jadi katalis positif pasar

JAKARTA: Pergantian perdana menteri Yunani dan Italia serta perbaikan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan menjadi katalis positif bagi indeks harga saham gabungan pada pekan ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 November 2011  |  07:03 WIB

JAKARTA: Pergantian perdana menteri Yunani dan Italia serta perbaikan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan menjadi katalis positif bagi indeks harga saham gabungan pada pekan ini.

 

Managing Research PT Indosurya Asset Management Reza Priyambada menilai sentimen negatif dari Eropa kembali mereda setelah Italia dan Yunani menunjukkan sinyal untuk membenahi struktur pemerintahan dalam rangka menangani krisis utang.

 

Selain itu, data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) juga mulai menunjukkan perbaikan. Ini adalah indikator bahwa kondisi ekonomi negeri Paman Sam tersebut mulai pulih dari krisis 2008.

 

“Dengan meredanya sentimen negatif dari Eropa dan perbaikan ekonomi AS, IHSG akan berpeluang menguat pada pekan ini,“ ujar Reza kepada Bisnis, Sabtu (12 Nov).

 

Dia memperkirakan indeks bergerak di support 3.685-3.735 dan resistance 3.845-3.900. dia menyarankan pemodal untuk mencermati sejumlah saham, di antaranya MYOR, GGRM, PTBA, ITMG, dan BBRI.

 

Perdana Menteri Yunani George Papandreou resmi mengundurkan diri dan digantikan oleh Lucas Papademos yang berniat membentuk sebuah kabinet krisis baru untuk mengatasi utang. Sedangkan Perdana Menteri Silvio Berlusconi di Italia resmi mundur dan disiapkan Mario Monti sebagai pemimpin pemerintahan transisi.

 

Krisis utang yang melanda Eropa mendepak posisi Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, menyusul naiknya tingkat imbal hasil obligasi negara tersebut menjadi 7,1%.

 

Head of Technical Analyst PT Batavia Prosperindo Securities Billy Budiman menilai sentimen positif bagi pergerakan indeks pekan ini juga didukung oleh penurunan BI Rate 50 basis poin menjadi 6%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bunga Dewi Kusuma

Editor : Rezza Aji Pratama

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top