Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Tembus Rekor Baru, Rata-Rata Transaksi Harian Melonjak 46,48% Pekan Ini

Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan ini ditutup di level tertingginya sepanjang sejarah berdirinya Bursa Efek Indonesia (BEI) di 5.540,43 poin.
IHSG
IHSG

Bisnis.com, JAKARTA–Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan ini ditutup di level tertingginya sepanjang sejarah berdirinya Bursa Efek Indonesia (BEI) di 5.540,43 poin.

Sebelumnya, rekor penutupan IHSG sebelumnya terjadi pada 7 April 2015 di level 5.523,29 poin. Adapun nilai kapitalisasi pasar BEI juga meningkat 2,82% dari Rp 5.853,89 triliun di penutupan perdagangan akhir pekan lalu (17/3/2017).

"Rata-rata nilai transaksi harian mengalami peningkatan signifikan 46,48% menjadi Rp9,17 triliun dari Rp6,26 triliun pada pekan sebelumnya," tulis Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono dalam keterangan resmi, Sabtu (18/3/2017).

Sejalan dengan penguatan IHSG, nilai kapitalisasi pasar BEI jelang akhir pekan ini juga ditutup di rekor tertingginya di Rp6.018,79 triliun. Adapun rata-rata volume transaksi harian meningkat 27,62% menjadi 14,46 miliar unit saham dari 11,33 miliar unit saham pada akhir pekan lalu, dan rata-rata frekuensi transaksi harian BEI naik 4,79% menjadi 329,29 ribu kali transaksi dari 314,23 ribu kali transaksi.

Yulianto mengungkapkan investor asing mencatatkan beli bersih Rp5,42 triliun di sepanjang pekan ini sehingga pada tahun ini investor asing masih mencatatkan beli bersih Rp4,28 triliun.

Satu emiten melakukan pencatatan perdana saham pada pekan ini. PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk tercatat sebagai emiten pertama yang melakukan pencatatan perdana di 2017 pada Kamis (16/3). Perusahaan dengan kode saham PORT ini juga tercatat menjadi emiten yang ke-536 di BEI.

Untuk mendukung dan meningkatkan penetrasi pasar modal di masyarakat Indonesia, BEI kembali melakukan sosialisasi kepada khalayak termasuk di kalangan akademisi. Salah satu usaha yang dilakukan BEI adalah mendirikan Galeri Investasi BEI di berbagai universitas yang tersebar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper