Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Saham GOTO Melejit 10 Persen, Dongkrak IHSG Dekati 7.000

Harga saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melejit 10 persen mendekati penutupan tahun 2022.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Harga saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melejit 10 persen mendekati penutupan tahun 2022.

Pada perdagangan hari ini, saham GOTO naik 9 poin ke posisi Rp91 per saham atau naik 10,98 persen. Berdasarkan data RTI selama perdagangan Selasa (27/12/2022), volume saham yang beredar mencapai 2,78 miliar.

Adapun perputaran nilai transaksi yang beredar diperkirakan mencapai Rp245,46 miliar. Lalu frekuensi perdagangan saham teknologi itu tercatat 31.316 kali. Dari keseluruhan transaksi beberapa broker tercatat melakukan pembelian secara massif.

Diantaranya adalah Valbury Sekuritas Indonesia dengan pembelian saham 304,1 juta saham, lalu sekuritas asing Credit Lyonnais Securities Asia B.V (CLSA) dan PT UBS Sekuritas Indonesia mencapai 228,1 juta saham.

Selain itu, sepanjang perdagangan investor tercatat memburu saham teknologi raksasa itu. Berdasarkan data RTI, total permintaan beli mencapai 17,13 juta lot sedangkan penawaran jual hanya 16,17 juta lot. Adapun harga penawaran tertinggi di posisi Rp100 dengan jumlah mencapai 3,09 juta lot.

Penguatan saham GOTO ikut mendorong pergerakan indeks komposit yang naik 1,28 persen ke posisi 6.923. Adapun nilai transaksi saham pada perdagangan hari ini tercatat sebesar Rp8,52 triliun.

Di sisi lain, Mandiri Sekuritas merekomendasikan beli saham GOTO dengan target harga Rp230 per saham. Tim analis Mandiri Sekuritas, Adrian Joezer dan Ryan Aristo menyoroti poin positif berupa potensi breakeven dari sisi EBITDA secara total yang kemungkinan mencapai tiga perempatnya pada kuartal pertama 2025.

”Kami memasukkan tingkat pengambilan [take rate] e-commerce yang lebih tinggi dan langkah-langkah efisiensi biaya, meskipun menurunkan estimasi GTV [Gross Transaction Value]” ungkapnya dikutip Senin (19/12/2022).

Mereka mengakui bahwa dari sisi pergerakan harga saham masih akan terus terjadi tekanan jual. Meski begitu, imbal hasil risiko jangka panjang GOTO dinilai semakin menarik karena valuasinya telah sesuai dengan Sea (induk Shopee) dan Grab.

Di sisi lain, Ciptadana Sekuritas Asia juga merekomendasikan beli saham GOTO dengan target price Rp190 per saham. Tim analis Ciptadana memberikan pandangan bahwa GOTO tetap pemimpin pasar dengan ekosistem terbesar di Indonesia. Selain itu, Ciptadana juga yakin bahwa GOTO berada di jalur yang tepat untuk mencapai profitabilitas.

Pada kondisi harga saham saat ini, Ciptadana menilai bahwa GOTO masih undervalue karena harga saham GOTO dijual 2 kali dari EV/gross sales, dibandingkan Sea Limited 2,3 kali dan Grab 3,4 kali.

”Kami yakin Tokopedia akan mampu mempertahankan pangsa pasarnya karena tingkat penerimaan yang meningkat merupakan tren di industri ini. Kami memahami bahwa Shopee Indonesia juga bermaksud menaikkan biaya komisi untuk merchant Star dan non-Star yang juga akan berlaku efektif pada Januari 2023,” ungkap riset ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper