Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pesawat milik PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) bersiap mendarat melewati pesawat PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Senin, (24/5 - 2021). Bloomberg / Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Adu Cepat Garuda Indonesia (GIAA) dan AirAsia (CMPP) Tanggalkan Notasi Khusus

Bergeliatnya kembali industri aviasi memunculkan asa bagi Garuda Indonesia (GIAA) dan AirAsia (CMPP) untuk memperbaiki kinerja dan segera menanggalkan notasi khusus.
Reni Lestari, Dany Saputra, & Dewi Soemanegara
Reni Lestari, Dany Saputra, & Dewi Soemanegara - Bisnis.com
19 Mei 2022 | 12:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Cahaya di ujung lorong bagi sektor penerbangan akhirnya tampak setelah dua tahun masa pandemi yang membuat kinerja industri tiarap. Bagi emiten aviasi seperti PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) dan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP), pelonggaran perjalanan berarti kesempatan perbaikan kinerja sekaligus peluang untuk segera menanggalkan notasi khusus mereka.  

Kedua perseroan diketahui masih menjadi penghuni daftar perusahaan yang mendapatkan notasi khusus di belakang kode emitennya. Per 18 Mei 2022, terhitung sebanyak 114 perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia mendapatkan 'tato' dengan 15 jenis notasi berbeda.

Pada kode emiten Garuda Indonesia tersemat sebanyak lima jenis notasi, antara lain adanya permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau PKPU (M), ekuitas negatif pada laporan keuangan (E), opini disclaimer dari akuntan publik (D), belum menyampaikan laporan keuangan (L), dan ekuitas dalam pemantauan khusus (X).

Sedangkan pada kode emiten AirAsia hanya terdapat satu notasi saja, yakni ekuitas negatif pada laporan keuangan (E).

Berbagai notasi yang tersemat pada kedua emiten aviasi itu tak lepas dari kinerja yang mendung selama pandemi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa industri penerbangan merupakan yang terpukul paling keras oleh dampak pembatasan akibat Covid-19.

Maka tidak heran ketika pemerintah merestui pelonggaran penerbangan, ada asa baru untuk menyambung napas kinerja industri yang selama ini tercekat.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top