Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MIND ID Targetkan Penurunan Emisi Karbon 1 Persen pada 2022, Ini Strateginya

Pada 2021, MIND ID berhasil mencatat pengurangan emisi sebesar 71 ribu ton CO2e atau sebesar 2,13 persen dari emisi business as usual kegiatan produksi dan operasional pertambangan.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 18 April 2022  |  13:24 WIB
MIND ID Targetkan Penurunan Emisi Karbon 1 Persen pada 2022, Ini Strateginya
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID. - mind.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menargetkan penurunan emisi sebesar 1 persen pada 2022.

Komitmen ini merupakan representasi upaya perusahaan menurunkan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15,8 persen pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero pemerintah Indonesia tahun 2060.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan komitmen MIND ID terhadap penurunan emisi sejalan dengan aspek keberlanjutan perusahaan.

“Program Dekarbonisasi merupakan perwujudan dari salah satu pilar sustainability pathway yaitu environment and climate change. Grup MIND ID telah memetakan potensi-potensi inisiasi penurunan emisi pada aktivitas operasional,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (18/4/2022),

Menurutnya, MIND ID menghasilkan emisi yang berasal dari 2 cakupan. Pada 2019, rona cakupan 1 yang berasal dari penggunaan bahan bakar fosil untuk proses pengolahan, dan bahan bakar diesel untuk kendaraan alat berat, tercatat total 2,8 juta ton CO2e emisi GRK yang dihasilkan.

Untuk rona cakupan 2, yakni penggunaan listrik yang bersumber dari grid PLN untuk kegiatan operasi dan produksi, tercatat sebesar 0,1 juta ton CO2e.

Sementara pada 2021, MIND ID menghasilkan emisi business as usual dari cakupan 1 dan 2 sebesar 3,335 juta ton CO2e yang bersumber dari kegiatan produksi dan operasional pertambangan.

Pada 2021, MIND ID berhasil mencatat pengurangan emisi sebesar 71 ribu ton CO2e atau sebesar 2,13 persen dari emisi business as usual kegiatan produksi dan operasional pertambangan.

“Di masa yang akan datang, MIND ID merancang inisiatif penurunan emisi karbon melalui kombinasi dari peralihan bahan bakar, efisiensi produksi hingga carbon offset sebagai upaya kontribusi pada pembangunan berkelanjutan khususnya Tujuan SDGs 13 yaitu penanganan perubahan iklim,” jelas Dany.

Dia menambahkan, MIND ID juga berupaya menghadirkan energi ramah lingkungan di masyarakat sekaligus bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai SDG 2 yakni tanpa kelaparan, serta mendukung perekonomian sesuai dengan tujuan SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Adapun anggota MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ikut berkontribusi terhadap upaya terhadap pengurangan emisi karbon global, salah satunya melalui groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ngurah Rai Jalan Tol Bali Mandara. Selain itu PTBA juga sudah menginisiasi PLTS di Desa Tanjung Raja, Muara Enim untuk program CSR bidang pertanian.

Tak ketinggalan,  PT Timah Tbk. (TINS) ikut berkontribusi dengan menempatkan PLTS sebagai salah satu fasilitas pendukung area reklamasi bekas tambang di Selinsing, Belitung Timur.

Lebih lanjut, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) berkontribusi dengan penggunaan energi terbarukan untuk mengendalikan emisi karbon dalam aktivitas pertambangan. Sejak 2019, ANTM telah memanfaatkan penggunaan teknologi solar sel sebagai sarana penerangan di area pertambangan bauksit di Kalimantan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN antam Freeport inalum bukit asam MIND ID
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top