Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Melihat Lagi Ekspansi AirAsia (CMPP) saat Sahamnya Bergerak Bak Roller Coaster

Merujuk aplikasi AirAsia Super App, AirAsia Indonesia juga menawarkan sejumlah layanan lain seperti AirAsia Health yang bergerak di bidang kesehatan.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  18:03 WIB
AirAsia - Bloomberg
AirAsia - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) melancarkan strategi bisnisnya ke berbagai lini, mulai dari sektor kuliner, kesehatan, hingga finansial di tengah harga saham yang berfluktuasi. 

Di sektor kuliner, AirAsia Indonesia meluncurkan AirAsia Food pada (8/3/2022) yang akan menjadi kompetitor baru bagi sejumlah layanan pesan antar makanan serupa yang sudah lebih dulu beredar, seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood dan Traveloka Eats.

Sejauh ini, AirAsia Food telah mencatatkan nilai transaksi US$40 juta, atau setara Rp575 miliar pada 2021. Sebelumnya induk usaha AirAsia telah meluncurkan AirAsia Food di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Menebar berbagai promo dan harga yang kompetitif, AirAsia Food juga memberi gratis ongkos kirim. AirAsia Food telah beroperasi di wilayah Tangerang, Tangerang Selatan, dan akan menyusul di area lainnya.

Beberapa kategori makanan yang ada di AirAsia Food seperti makanan Halal, Asian, Dessert, Western, Healthy, Vegetarian, dan Beverages.

Selain itu, AirAsia Indonesia juga mulai merambah ke sektor fintech dengan merilis AirAsia Money. Fitur tersebut merupakan marketplace untuk berbagai produk finansial.

Beberapa produk yang ditawarkan di antaranya investasi, asuransi, pengiriman uang, dan penggalangan dana sosial. Semuanya terintegrasi dalam aplikasi AirAsia Super App.

Dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu, Head of AirAsia Money Nadia Ikrana Hasanuddin mengatakan AirAsia Money mulai merambah ke Indonesia untuk memperluas pasar.

Harapannya, pelanggan akan mudah mendapatkan akses layanan keuangan dengan harga terjangkau.

"Financial marketplace merupakan layanan fintek konsumer terbaru di platform AirAsia Super App Indonesia yang akan memudahkan pelanggan-pelanggan kami,” tutur Nadia.

AirAsia Money bekerja sama dengan sejumlah mitra keuangan di Indonesia, di antaranya Bareksa, PasarPolis, Wise, dan Rumah Zakat.

Merujuk dari aplikasi AirAsia Super App, AirAsia Indonesia juga menawarkan sejumlah layanan lain seperti AirAsia Health yang bergerak di bidang kesehatan. Layanan ini mencakup pemeriksaan kesehatan, kebugaran, estetika, oftalmologi, dan pengobatan tradisional.

AirAsia Super App juga meluncurkan menu hiburan yaitu explore yang berisi artikel menarik seputar food & travel, dan menu listen untuk mendengarkan podcast dan radio.

Beberapa layanan yang akan segera hadir di AirAsia Super App antara lain pesan antar grocery, ride, pengiriman paket Xpress, Travelmall, Academy, dan layanan donasi Ikhlas.

Saham CMPP terkoreksi 6,80 persen ke posisi 685 pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (23/3/2022). Selama sepekan lalu saham CMPP melejit 28,15 persen, menempati posisi ke-7 Top 10 Gainers Stocks of The Week periode 14-18 Maret 2022.

Saham CMPP pun telah membukukan kenaikan 298,26 persen secara year to date (YTD) atau meningkat setara 513 poin. Kinerja saham AirAsia Indonesia kembali membaik perlahan setelah berhasil memenuhi floating share atau kepemilikan publik sebanyak 7,5 persen pada 14 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia airasia indonesia maskapai penerbangan
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top