Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Penguatan IHSG hingga Penangkapan Gembong Narkoba Kolombia

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat IHSG bergerak fluktuatif pada periode 18—22 Oktober 2021. Tetapi, indeks saham mampu ditutup menguat 0,16% di level 6.643,73 pada Jumat (22/10/2021).
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 24 Oktober 2021  |  11:40 WIB
Karyawan melintas di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan melintas di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan selama sepekan ini (18 sampai dengan 22 Oktober 2021) menguat menandakan kinerja pasar modal cukup positif. Namun, Indeks harga saham gabungan pada pekan depan diproyeksi tertekan pada pekan depan. 

Berita dan analisis mengenai indeks harga saham gabungan menjadi salah satu sajian dari lima berita pilihan di laman Bisnisindonesia.id, edisi Minggu (24/10/2021). 

Selain itu, ada pembahasan mengenai anak berusia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan menaiki pesawat, investasi properti di Asia Pasifik yang melonjak, kabar mengenai upah minimuh, dan penangkapan gembong narkoba Kolombia.

Berikut ini ulasan singkat lima berita dan analisis tersebut.

1. IHSG Naik Tipis dalam Sepekan, Saham Ratusan Perak Melesat

Kinerja pasar modal pada pekan ini cukup positif. Hal itu tercermin dari menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG).

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat IHSG bergerak fluktuatif pada periode 18—22 Oktober 2021. Namun, indeks saham mampu ditutup menguat 0,16% di level 6.643,73 pada Jumat (22/10/2021).

Nilai kapitalisasi pasar bursa pada pekan ini juga mencatatkan peningkatan sebesar 0,19% menjadi Rp8.150,38 triliun dari angka Rp8.134,67 triliun pada pekan sebelumnya. 

Sementara itu, rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) mencatatkan koreksi sebesar 6,92% menjadi Rp16,245 triliun dari Rp17,452 triliun pada pekan lalu. 

Reli IHSG yang masih berlanjut pada pekan ini diproyeksi bakal tertekan pada pekan depan. Sentimen lain yang akan memengaruhi pergerakan IHSG yaitu penurunan harga komoditas, terutama batu bara. 

2. Anak di Bawah Usia 12 Tahun Sudah Boleh Naik Pesawat

Mulai Minggu (24/10/2021), anak-anak di bawah usia 12 tahun sudah bisa bepergian menggunakan pesawat. 

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No.88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Meski sudah diperbolehkan menjadi penumpang pesawat udara, anak-anak harus didampingi orang tua atau keluarga.

Dalam SE terbaru tersebut diatur bahwa penerbangan dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Pulau Bali, antarkota di Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3, wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan negatif Rapid Test/RT-PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Adapun, untuk penerbangan dari dan ke bandara di luar wilayah Jawa dan Bali dengan kategori PPKM Level 1 dan PPKM Level 2, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR (sampel maksimal 2x24 jam), atau hasil negatif RT-antigen (sampel maksimal 1x24 jam), sebelum keberangkatan.

bandara

Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi./[email protected]

3. Volume Investasi Properti Asia Pasifik Melonjak 30%

Volume investasi real estat Asia Pasifik terus meningkat pesat dalam 9 bulan pertama 2021, naik 30% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut laporan Capital Tracker Q32021 yang dirilis baru konsultan properti global JLL, transaksi real estat langsung Asia Pasifik tahun ini dilaporkan US$125 miliar, hanya 6% di bawah level 2019 dengan investor menanamkan modal ke lebih banyak aset seperti perkantoran dan logistik.

Untuk kuartal III saja, investasi real estat di Asia Pasifik mencapai US$39,5 miliar, meningkat 10% secara tahunan. Namun, transaksi turun 23% secara kuartalan karena beberapa ekonomi regional terkena dampak Covid-19.

Pada kuartal III/2021, investasi kantor terus pulih, mencapai 55% dari kesepakatan, didukung stabilnya tingkat sewa dan hunian. Sejalan dengan itu, transaksi logistik terus naik dengan investasi dalam 12 bulan terakhir mencapai US$43 miliar, dibandingkan dengan US$25 miliar pada 2019.

JLL juga mengantisipasi bahwa investasi logistik akan berlipat ganda menjadi US$50 miliar–US$60 miliar sepanjang 2023 hingga 2025, didorong permintaan yang menguntungkan, spread hasil yang menarik, dan keinginan untuk diversifikasi.

4. Segera Diumumkan, Upah Minimum 2022 Kabarnya Naik

Kementerian Ketenagakerjaan mengingatkan kenaikan upah minimum 2022 tidak bisa memuaskan semua pihak tetapi lebih baik dari 2021 yang tidak naik.

Pasalnya, situasi pandemi Covid-19 telah berdampak pada hampir semua sektor.

Sesuai dengan arahan Menaker Ida Fauziyah, pada prinsipnya penetapan upah bertujuan mewujudkan sistem pengupahan yang berkeadilan bagi seluruh pihak.

Yakni untuk mencapai kesejahteraan pekerja/buruh dan tetap memperhatikan kemampuan perusahaan dan kondisi perekonomian nasional.

Menjelang penetapan Upah Minimum (UM) Tahun 2022, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar dialog bersama Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) dan Badan Pekerja Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (BP LKS Tripnas) di Jakarta.

5. Bos Narkoba Terbesar Kolombia Otoniel Ditangkap, Setara Escobar

Gembong narkoba paling dicari di Kolombia dan pemimpin geng kriminal terbesar di negara itu telah ditangkap.

Dairo Antonio Usuga, lebih dikenal sebagai Otoniel, ditangkap setelah operasi gabungan oleh tentara, angkatan udara, dan polisi pada Minggu (24/10/2021) pagi WIB.

Pemerintah Kolombia sebelumnya menawarkan hadiah US$800.000 untuk informasi tentang keberadaannya, sedangkan Amerika Serikat memberi hadiah US$5 juta untuk kepalanya.

Otoniel ditangkap di tempat persembunyiannya di perdesaan di Provinsi Antioquia di barat laut Kolombia, dekat perbatasan dengan Panama. Perincian operasi masih dipersiapkan untuk diumumkan, tetapi Duque mengatakan satu petugas polisi telah tewas.

Angkatan bersenjata Kolombia kemudian merilis foto yang menunjukkan tentaranya menjaga Otoniel yang diborgol.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI narkoba upah minimum Covid-19
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top