Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi Gojek mengambil pesanan makanan di Jakarta, Indonesia, Selasa (5/1/2021). - Bloomberg/Dimas Ardian
Premium

Galau Gojek-Tokopedia dan IPO via SPAC yang Kian Menjamur

05 Mei 2021 | 10:33 WIB
Go public via perusahaan cek kosong alias SPAC makin menjadi pilihan bagi para startup Asia, termasuk di Indonesia. Mengapa SPAC menarik?

Bisnis.com, JAKARTA — GoTo, nama entitas yang digadang-gadang merupakan hasil merger antara Gojek dan Tokopedia, mulai memasuki tahap akhir sebelum diperkenalkan ke hadapan publik. Laporan terkini Deal Street Asia menyebut bahwa Gojek akan jadi pemegang saham mayoritas perusahaan baru tersebut dengan kisaran kepemilikan 58-60 persen saham, sedangkan sisanya menjadi hak Tokopedia.

Meski kesepakatan porsi kepemilikan telah tercapai, kedua kubu masih melakukan pembicaraan terkait kemungkinan untuk go public pada tahun ini.

Seperti sebelumnya telah dibocorkan Bloomberg, Initial Public Offering (IPO) di Indonesia masih menjadi prioritas utama GoTo. Namun, Gojek dan Tokopedia juga membuka peluang dual listing, dengan bursa AS sebagai opsi alternatif untuk menghimpun tambahan modal.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, salah satu sumber dari lingkaran dalam perusahaan mengatakan bahwa GoTo juga mempertimbangkan skema listing lewat merger terlebih dahulu dengan perusahaan akuisisi khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC).

“SPAC juga masih jadi opsi, di samping jadi atau tidaknya dual listing. Yang jelas, kami melihat bahwa Indonesia akan tetap jadi tujuan utama IPO,” papar sumber anonim dari internal perusahaan.

Satu hal yang menurut sumber tersebut masih jadi batu sandungan untuk IPO dengan “mengendarai” SPAC adalah perlu adanya pembahasan ulang kepemilikan saham di SPAC terkait. Sehingga, jika terlalu rumit, kemungkinan opsi tersebut tak jadi diambil.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top