Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2021, Mirae Asset Sekuritas Indonesia Incar Pertumbuhan Transaksi 17 Persen

Head of Wealth Management Mirae Asset Sekuritas Indonesia Fajrin Hermansyah mengatakan, nilai transaksi saham nasabahnya sepanjang 2020 adalah sebesar Rp410 triliun. Total tersebut melesat 97 persen dibandingkan posisi pada tahun 2019.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 11 Februari 2021  |  12:10 WIB
Mirae Asset Sekuritas - sekuritas.miraeasset.co.id
Mirae Asset Sekuritas - sekuritas.miraeasset.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Mirae Asset Sekuritas Indonesia menargetkan pertumbuhan nilai transaksi sebesar 17 persen pada tahun 2021. Sejumlah strategi, mulai dari penyelenggaraan kompetisi hingga pembukaan kantor perwakilan baru telah disiapkan perusahaan.

Head of Wealth Management Mirae Asset Sekuritas Indonesia Fajrin Hermansyah mengatakan, nilai transaksi saham nasabahnya sepanjang 2020 adalah sebesar Rp410 triliun. Total tersebut melesat 97 persen dibandingkan posisi pada tahun 2019.

Jumlah transaksi pada tahun 2020 tersebut juga menjadikan Mirae Asset Sekuritas Indonesia menjadi perusahaan efek terbesar dari sisi nilai transaksi saham di dalam negeri.

Selain itu, Fajrin mengatakan pihaknya mencatatkan pertumbuhan jumlah nasabah sebanyak 42.000 pada tahun 2020. Hal tersebut juga dibarengi oleh kenaikan market share sekuritas tersebut menjadi 9,19 persen dari 4,64 persen pada 2019 lalu.

“Kami juga mencatatkan kenaikan pendapatan operasional sebesar 38 persen, yang berada diatas perkiraan perusahaan,” katanya dalam konferensi pers secara daring pada Kamis (11/2/2021).

Untuk tahun 2021, Fajrin mengatakan Mirae Asset Sekuritas Indonesia akan fokus pada peningkatan jumlah transaksi daripada peningkatan jumlah investor. Hal tersebut sejalan dengan strategi sekuritas yang mengincar investor dengan pendapatan menengah hingga tinggi.

“Untuk tahun depan, nilai transaksi kami targetkan naik 17 persen, sedangkan jumlah investor ditargetkan tumbuh 5 persen,” katanya.

Fajrin menambahkan, sepanjang Januari 2021, nilai transaksi perusahaan sudah mencapai Rp105 triliun. Jumlah transaksi tersebut menurutnya hampir dua kali lipat dari sekuritas pesaing terdekat senilai Rp64,15 triliun.

Salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah transaksi adalah dengan penambahan kantor perwakilan. Untuk Mirae Asset Sekuritas, kantor perwakilan merupakan aset perusahaan yang sangat penting dan hingga saat ini berkontribusi signifikan untuk perusahaan.

“Tahun ini kami targetkan penambahan beberapa kantor perwakilan baru dari yang sudah ada 28 kantor perwakilan,” katanya.

Selain menambah kantor perwakilan baru, lanjutnya, perusahaan juga akan meningkatkan kualitas kantor perwakilan yang sudah ada. Tujuan peningkatan kualitas kantor perwakilan itu adalah meningkatkan kenyamanan nasabah mencari informasi dan mendapatkan edukasi pasar modal secara lebih baik, serta dapat bertransaksi dengan lebih nyaman.

Dia menjelaskan saat ini investor saham di pasar modal sudah lebih matang dan lebih haus informasi, sehingga perusahaan berniat meningkatkan kualitas dan kuantitas beberapa inovasi perusahaan yang sudah berjalan. Inovasi itu seperti informasi dan rekomendasi yang disampaikan dalam beberapa format dari mulai website, kartun, media sosial, hingga video.

Peningkatan layanan di kantor perwakilan, lanjutnya, juga menjadi proses yang harus ditingkatkan kualitasnya untuk mendukung akuisisi, edukasi, dan transaksi nasabah dengan lebih baik lagi.

Selain melalui ekspansi kantor perwakilan, Fajrin menambahkan Mirae Asset Sekuritas juga sedang menggelar lomba trading saham online terbesar di dalam negeri yaitu HOTS Championship 3 dengan hadiah Rp500 juta. Nilai hadiah itu dua kali lebih besar dibandingkan kompetisi serupa pada kuartal IV/2020 lalu.

“Kompetisi ini kami harapkan dapat menggugah lebih banyak investor untuk lebih aktif bertransaksi,” tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham investor mirae
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top