Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun Kerbau Logam, Ini Rekomendasi Saham yang Cucok!

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya mengatakan tetap percaya indeks komposit masih masih dalam tren penguatan jangka menengah, walaupun dalam fase resesi ekonomi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  19:43 WIB
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Di tahun Kerbau Logam ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksi akan tetap tumbuh walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir. Sejumlah saham terkait kesehatan pun menarik untuk diperhatikan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya mengatakan tetap percaya indeks komposit masih masih dalam tren penguatan jangka menengah, walaupun dalam fase resesi ekonomi.

Ekonomi Indonesia tetap bertumbuh melakukan pemulihan dari kuartal ke kuartal dari yang paling dalam pada kuartal II/2020 ketika pandemi Covid-19 menghantam. Kuartal IV/2020 PDB turun 2,2 persen, kuartal III/2020 PDB turun 3,5 persen, kuartal II/2020 PDB turun 5,3 persen.

Di sisi lain, total kasus baru dan kasus aktif Covid-19 di Indonesia terus menanjak walaupun mobilitas masyarakat antar kota di jawa dan bali lebih rendah karena pelaksanaan PPKM sejak 11 Januari.

"Menurut kami, proporsi tempat tidur operasional yang lebih tinggi untuk pasien rawat inap Covid akan berdampak positif bagi kinerja keuangan rumah sakit karena pasien rawat inap Covid membawa pendapatan yang lebih tinggi per biaya rawat inap," urainya dalam riset, dikutip Rabu (10/2/2021).

Pasalnya, pendapatan per biaya rawat inap Covid-19 berkisar 125 persen lebih tinggi daripada non Covid-19. Selain itu, margin keuntungan pasien rawat inap Covid-19 lebih tinggi dibandingkan pasien rawat inap non-Covid.

Menurutnya, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) dan PT Medikaloka Hermina Tbk, (HEAL) akan menerima manfaat tersebut.

"Tingkat vaksinasi harian untuk petugas kesehatan berada di jalur yang benar Untuk mencapai target pemerintah dalam memvaksinasi tenaga kesehatan pada periode 13 Januari - April 2021, diwajibkan melakukan vaksinasi tenaga kesehatan dengan rata-rata tingkat vaksinasi harian 16 ribu tenaga kesehatan per hari," katanya.

Indeks di tahun Kerbau Lobam biasanya menjadi tahun penuh tipuan. Pasalnya, dalam sejarah cerita shio, ada peristiwa kerbau baik hati ditipu oleh tikus dalam suatu ajang pemilihan shio.

Hingga 2 Februari 2021, sekitar 600.000 petugas kesehatan telah menerima vaksinasi tahap 1 dengan tingkat vaksinasi dalam sepekan mencapai 50.000 petugas kesehatan per hari, yang dianggap masih dalam jalur.

"Kami menambahkan rumah sakit, yaitu MIKA dan HEAL, dan layanan komunikasi, yaitu LINK ke pilihan utama kami untuk menggantikan JPFA, LSIP, dan UNTR," katanya.

Sesuai dengan tahun logal, pilihan saham dari Mirae pun bersandar pada pertambangan nikel, perbankan, rumah sakit dan sektor jasa komunikasi yang membuka jalan untuk ANTM, INCO, BBRI, BMRI, BBNI, MIKA, HEAL dan LINK.

"Per 5 Februari, top picks dengan bobot yang sama menghasilkan akumulasi pengembalian sebesar 35,8 persen sementara akumulasi pengembalian IHSG turun sebesar 3,7 persen sejak dimulainya laporan top picks bulanan kami pada Agustus 2019. Oleh karena itu, top picks kami mengungguli IHSG sebesar 39,5 persen," urainya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top