Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Menara Grup Djarum (TOWR) Dapat Kredit Rp481 Miliar dari Bank Mizuho

PT Sarana Menara Nusantara Tbk. mendapat fasilitas kredit dari Bank Mizuho bertenor 1 tahun. Pinjaman akan digunakan untuk kebutuhan anak usahanya.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  19:14 WIB
PT iForte Solusi Infotek, anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR), menyerahkan bantuan 500 paket sembako kepada program BagiAsa
PT iForte Solusi Infotek, anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR), menyerahkan bantuan 500 paket sembako kepada program BagiAsa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara telekomunikasi milik Grup Djarum PT Sarana Menara Nusantara Tbk. menandatangani perjanjian fasilitas bergulir dengan PT Bank Mizuho Indonesia.

Berdasarkan keterbukaan informasi, fasilitas perjanjian kredit yang disepakati mencapai US$34,5 juta atau setara Rp481 miliar dengan merujuk kurs Jisdor hari ini di level Rp13.945. Pinjaman diberikan dengan jangka waktu satu tahun atau berakhir di penghujung tahun ini.

Pinjaman tersebut akan digunakan  untuk kebutuhan modal kerja dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia, PT Iforte Solusi Infotek, dan PT Komet Infra Nusantara. Seluruh entitas tersebut berada di bawah Sarana Menara Nusantara.

"Pemberian pinjaman diharap dapat menunjang kegiatan usaha Iforte dan KIN dan secara konsolidasi juga berdampak positif pada Protelindo, dan perseroan," sebut Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Nusantara Irfan Gazali, Selasa (5/1/2021).

Dia memastikan tidak ada dampak yang terkait dengan operasional, hukum, dan kondisi keuangan yang timbul dari transaksi ini.

"Perjanjian kredit ini juga tidak mengandung benturan kepentingan seperti dalam POJK 42 2020 tentang transaksi afiliasi dan benturan kepentingan," sebutnya.

Sebelumnya, emiten berkode TOWR ini menilai kinerja perseroan sepanjang tahun 2020 telah melampaui ekspektasi.

Berdasarkan publikasi perseroan, TOWR berhasil mencetak pertumbuhan laba bersih 19,5 persen secara year on year (yoy) pada periode sembilan bulan yang berakhir 30 September 2020.

Realisasi tersebut ditopang oleh pendapatan selama 9 bulan di tahun ini yang mencapai Rp 5,55 triliun, meningkat 19,3 persen yoy dari Rp 4,65 triliun tahun lalu.

Perseroan mampu membukukan EBITDA mencapai Rp 4,77 triliun, meningkat 23,3 persen yoy dari Rp 3,87 triliun tahun lalu. Pun, laba bersih mencapai Rp1,90 triliun, tumbuh 19,5 persen yoy dari Rp 1,59 triliun tahun lalu.

Perseroan menjelaskan, kinerja keuangan yang moncer disebabkan adanya penambahan 5.269 penyewa menara (tenant) dan sewa 12.244 km serat optik berdasarkan kontrak jangka panjang.

Tercatat, per 30 September 2020, TOWR telah mengakumulasi 38.615 penyewa yang menempati 21.373 menara dan 39.771 km sambungan serat optik. Rasio sewa menara pada Q3/20 mencapai 1,81x, naik dari 1,67x pada tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit mizuho sarana menara nusantara
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top