Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan Sulap, BUMN Ini Bisa Bikin Rumah Instan Sebulan Langsung Jadi

PT Waskita Beton Precast Tbk. tengah mengembangkan rumah precast modern, sebuah produk teknologi beton pracetak yang memungkinkan pembangunan rumah lebih cepat dibandingkan dengan rumah konvensional. 
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 30 November 2020  |  10:13 WIB
Ilustrasi RISHA, Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), sebuah metode pembangunan rumah dengan teknologi pracetak atau precast. - Kementerian PUPR
Ilustrasi RISHA, Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), sebuah metode pembangunan rumah dengan teknologi pracetak atau precast. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Beton Precast Tbk. mengembangkan produk rumah tapak bertajuk rumah precast modern. Perseroan pun membidik proyek rumah tapak dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun swasta.

Direktur Pemasaran Waskita Beton Precast FX Poerbayu Ratsunu mengatakan rumah precast modern dikembangkan dengan teknologi terbaru serta dibangun menggunakan struktur kolom dan balok precast yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Pembangunan dengan menggunakan produk precast ini menghasilkan metode pembangunan yang inovatif, efisien, cepat, berkualitas, dan memiliki peluang untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar,” kata Poerbayu dalam keterangan resmi, Senin (30/11/2020).

Lebih lanjut, rumah precast modern yang dikembangkan emiten berkode saham WSBP ini merupakan modifikasi dari rumah risha yang sudah dikembangkan perseroan sebelumnya. Risha adalah Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), sebuah metode pembangunan rumah dengan teknologi pracetak atau precast.

Sebagai pembeda, lanjut Poerbayu, rumah precast modern memiliki dinding penutup serta panel dengan dimensi lebih besar dan ringan sehingga mempercepat proses pembangunan.

Dari sisi tampilan, rumah precast modern diklaim memiliki desain yang futuristik dan fleksibel. Rumah precast modern juga dapat dibangun dalam tempo yang lebih cepat dibandingkan dengan pembangunan rumah konvensional. 

Dengan tipe bangunan yang sama, pembangunan rumah precast modern akan memakan waktu 24-30 hari sementara rumah konvensional umumnya dikerjakan sekitar 45 hari.

“Perusahaan telah membangun beberapa mock up rumah precast modern di sekitar area Learning Center Plant Karawang. Waskita Precast akan mengembangkan juga rumah precast modern tipe 48, tipe 59, tipe 73, tipe 86, dan tipe 260,” jelas Poerbayu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan waskita beton precast
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top