Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volatilitas IHSG Berdampak ke Kinerja Reksa Dana Indeks dan Exchange Traded Fund

Kondisi IHSG yang volatil memiliki pengaruh ke kinerja reksa dana indeks dan ETF, seperti apa?
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Volatilitas indeks harga saham gabungan (IHSG) berpengaruh sangat signifikan untuk reksa dana indeks dan exchange traded fund (ETF).

Direktur PT Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan Panin AM saat ini memiliki produk reksa dana indeks yang mengacu pada indeks IDX30 dan Sri Kehati dan produk ETF yang mengacu pada indeks IDX30.

“Kinerja [reksa dana indeks dan ETF] sesuai dengan indeks acuan. Pengaruh volatilitas IHSG terhadap reksa dana indeks dan ETF pada dasarnya sama dengan reksa dana saham pada umumnya,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (20/10/2020).

Dia pun menyatakan dana kelolaan atau assets under management (AUM) produk reksa dana indeks menurun karena kondisi pasar.
Sementara, dia mengakui produk ETF tidak begitu berkembang karena fokus ke nasabah institusi dan baru karena fokus pemasaran Panin AM lebih kepada reksa dana umum termasuk indeks.

Adapun, Rudiyanto menyatakan Panin AM saat ini belum berencana untuk menelurkan produk reksa dana indeks dan ETF baru dalam waktu dekat.

“Minat [investor untuk berinvestasi ke reksa dana indeks dan ETF] tetap ada. Volatilitas menawarkan kesempatan untuk masuk di harga relatif murah,” sambungnya.

Pihaknya menyatakan reksa dana indeks dan ETF khususnya dipasarkan untuk segmen nasabah institusi dengan tujuan membentuk portofolio sesuai dengan indeks acuan dan nasabah ritel dengan tujuan market timing selain diversifikasi.

Keunggulan utama reksa dana indeks dan ETF, lanjutnya, adalah kinerjanya sesuai indeks acuan sehingga perbedaan dengan kinerja pasar juga tipis berbeda dengan reksa dana saham yang kadang bisa lebih baik atau terkadang lebih buruk dibandingkan kinerja pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper