Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. di Jakarta, Selasa (16/10/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Premium

Persaingan Emiten Bank Papan Tengah, Siapa Jawara?

26 Agustus 2020 | 11:32 WIB
Dari 10 emiten buku III, sebanyak tiga bank tercatat masih membukukan pertumbuhan solid. Siapa juaranya?

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas emiten perbankan papan tengah dalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III mengalami penurunan kinerja pada semester I/2020. Dari 10 emiten dalam kelompok ini, hanya tiga perusahaan yang mampu mencatatkan pertumbuhan laba bersih.

BUKU III adalah kelompok bank dengan modal inti sebesar Rp5 triliun hingga Rp30 triliun. Kelompok bank menengah ini mendominasi industri bank di Indonesia.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, emiten yang masih mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba di tengah pandemi adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR), PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP), dan PT Bank Mega Tbk. (MEGA).

Sementara itu, tujuh emiten BUKU III lainnya mengalami peningkatan pendapatan namun laba tergerus. Terdapat juga sejumlah bank pendapatan dan laba bersih turun.

Bank dalam dua kelompok itu yakni PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), PT Bank Bukopin Tbk. (BBKP), PT Bank Mayapada Internasional Tbk. (MAYA), PT Bank Permata Tbk. (BNLI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), dan PT Bank BTPN Tbk. (BTPN).

Berikut perinciann kinerja kelompok bank buku III ini sepanjang semseter I/2020:

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top