Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1). - JIBI/Dedi Gunawan
Premium

75 Tahun Indonesia: Prospek Saham BTN (BBTN), Sang Penggerak KPR untuk MBR

17 Agustus 2020 | 14:51 WIB
Bank Tabungan Negara memiliki segmen khusus yakni properti dan konstruksi. Akankah semakin diuntungkan dengan beragam proyek pemerintah terkait kemudahan pemilikan rumah oleh pemerintah seperti Tapera?

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor properti dan konstruksi merupakan industri yang memiliki efek berganda sangat besar. Sektor ini merupakan penggerak 175 industri terkait mulai dari semen, pipa, besi hingga AC.

Meski begitu, untuk menggerakkan sektor konstruksi dan properti ini dibutuhkan jangkar keuangan untuk mengakselerasi bisnis. Peran ini yang kemudian menjadi fokus PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. (BBTN).

Untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah, KPR BTN menjangkau 89 persen pasar. Sementara untuk keseluruhan pasar KPR, maka BTN menguasai 40 persen bisnis pembiayaan.

Pemerintah terlihat juga mengandalkan BTN untuk menggerakkan kembali sektor properti dan konstruksi yang terpukul akibat pandemi Covid-19. Dana murah sebesar Rp5 triliun ditempatkan pada bank yang mayoritasnya dikuasai negara itu sebagai bagian program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dana itu dijanjikan dapat diakselerasi hingga tiga kali lipat atau menjadi kredit sebesar Rp15 triliun yang ditujukan untuk sektor properti, konstruksi dan pemilikan rumah.

Tahun ini BTN juga tengah menyalurkan paket stimulus kedua fasilita likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang menyasar 146.000 nasabah.

Perseroan juga mendapatkan dampak jangka panjang seiring langkah pemerintah membentuk tabungan perumahan rakyat (Tapera). Program yang menjangkau seluruh pekerja formal ini diyakini mendongkrak permintaan rumah dalam beberapa tahun mendatang. Program ini menargekan memiliki dana kelolaan Rp60 triliun pada 2024 dan akan terus membesar setiap tahunnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top