Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lockdown Dilonggarkan, Harga Emas Merosot

Harga emas kini bertengger di level US$1.700 per troy ounce
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  16:00 WIB
Emas batangan. - bloomberg
Emas batangan. - bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas merosot ke level terendah dalam dua pekan terakhir menyusul rencana pelonggaran kebijakan lockdown di berbagai negara. Pelonggaran itu menjadi sinyal perekonomian akan kembali bergulir.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas Comex untuk kontrak Agustus 2020 turun 0,55 persen ke posisi US$1.718,8 per troy ounce pada pukul 15.50 WIB. Posisi tersebut merupakan level terendah sejak 15 Mei 2020 yang mencapai US$1.756 per troy ounce.

Harga emas jatuh karena optimisme pelaku pasar terhadap pembukaan kembali perekonomian global. Penurunan harga emas juga sudah terjadi kemarin yang mana turun 1,3 persen ke level US$1.707,10 per troy ounce.

Monex Investindo Futures menilai, prospek emas tetap positif kendati harganya mengendur. Selama terjadi ketidakpastian politik dan ekonomi, emas sebagai aset aman akan tetap diburu.

Celah ketidakpastian masih terbuka karena kisruh Amerika Serikat dengan China belum usai. Terlebih, rencana penerbitan undang-undang kemanan nasional memicu polemik di Hong Kong, wilayah yang masuk administrasi khusus di China.

Tim analis Monex Investindo Futures dalam publikasi risetnya menuliskan Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang bekerja untuk memberikan respon yang kuat terhadap undang-undang keamanan nasional Tiongkok, yang direncanakan untuk Hong Kong dan akan diumumkan sebelum akhir pekan.

"Lembaga legislatif Hong Kong saat ini sedang dijaga oleh polisi anti huru hara, ketika diperkirakan akan terjadi aksi demonstrasi pada hari Rabu terhadap Rancangan Undang-Undang," paparnya, Rabu (27/5/2020).

Secara teknikal, harga emas berpeluang naik menguji resisten $1721 - 1730 bila minat beli aset logam mulia berlanjut dan harga bertahan di atas level $1708. Sebaliknya, turun di bawah level tersebut, harga emas berpeluang menguji support $1692 - $1700.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini harga emas comex
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top