Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
sudiros.com
Premium

Raden Sudiro, Soeharto, dan Tol Jagorawi

01 Maret 2020 | 17:10 WIB
Pada 9 Maret 1978, Presiden Soeharto meresmikan jalan Tol Jagorawi yang bertarif awal sekitar Rp13 per km, setelah sepekan sebelumnya atau pada 1 Maret 1978 membidani PT Jasa Marga (Persero) sebagai pengelola operator tunggal dan pengadaan jalan tol. Sejatinya, jalan tol sudah pernah diusulkan sejak 1955 lho.

Bisnis.com, JAKARTA — Taura Danang Sudiro alias Tora Sudiro barangkali sudah tak pernah ke Bandung melalui jalan tol Jagorawi, seiring dengan mulai beroperasinya ruas tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang pada 23 April 2005.

Meski demikian, saat debut perdana di panggung layar perak nasional, melalui film Arisan, Tora tentu masih wara-wiri ke Bandung melalui tol Jakarta–Bogor–Ciawi atau Jagorawi.

Pasalnya, Tora yang memerankan tokoh bernama Sakti, berhasil menyabet gelar sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2004 berkat adegan ciumannya dengan Surya Saputra (Nino), yang juga meraih gelar aktor pendukung terbaik.

Pada tahun yang sama, Festival Film Bandung (FFB) juga mengikutsertakan film Arisan dalam pemilihan. Meski hanya menyabet gelar film terbaik dan sutradara terbaik, FFB juga menominasikan Tora dan Surya sebagai aktor terpuji meski kemudian gagal.

Nah kalau mau dikait-kaitkan, Tora sendiri sebenarnya punya kaitan sejarah dengan jalan tol di Indonesia yang panjangnya kini sudah mencapai 1.852 kilometer!

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top