Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Investor Jepang Akuisisi 5 Persen Saham Siloam Hospital (SILO)

Akuisisi tersebut dilakukan melalui induk usaha SILO, yakni PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  09:41 WIB
CEO PT Lippo Karawaci Tbk. John Riady (kiri) bersama Presiden Direktur Ketut Budi Wijaya memberikan penjelasan saat halalbihalal dengan media, di Jakarta, Kamis (20/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
CEO PT Lippo Karawaci Tbk. John Riady (kiri) bersama Presiden Direktur Ketut Budi Wijaya memberikan penjelasan saat halalbihalal dengan media, di Jakarta, Kamis (20/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan asal Jepang Marubeni Corporation mengakuisisi 5 persen saham PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO).

Akuisisi tersebut dilakukan melalui induk usaha SILO, yakni PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). Marubeni mengakuisisi saham minoritas, sehingga kepemilikan Lippo Karawaci di Siloam tetap tidak berubah.

Keduanya pun pada hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk ekspansi ke sektor layanan kesehatan di Indonesia. Anak usaha Grup Lippo dan Marubeni sepakat menandatangani nota kesepahaman dalam rangka mengembangkan peluang bisnis di sektor layanan kesehatan di Indonesia.

Rencananya, kerja sama strategis itu akan diperluas ke di bidang farmasi, laboratorium dan industri lainnya yang terkait dengan layanan kesehatan.

Chief Executive Officer Lippo Karawaci John Riady mengatakan kemitraan ini memvalidasi posisi Siloam sebagai pemimpin pasar dalam sektor layanan kesehatan.

"Layanan kesehatan dan Siloam adalah bisnis inti kami dan kami menyambut baik kemitraan dengan Marubeni. Kami berharap dapat terus mengembangkan bisnis serta meningkatkan layanan kesehatan untuk semua orang Indonesia," katanya dalam siaran resmi Selasa (25/2/2020).

Dia menambahkan SILO berdiri sejak 1996 dengan lebih dari 13.000 dokter dan perawat, 36 rumah sakit, dan 7.557 tempat tidur di seluruh Indonesia.

Sementara itu Masayuki Omoto, Chief Operating Officer dari Divisi Bisnis Next Generation Marubeni mengatakan bila kerja sama keduanya dapat memberikan nilai lebih bagi perseroan dan menambah posisi di Indonesia.

"Kami berharap untuk kemitraan jangka panjang dengan Lippo dan Siloam. Kami sangat senang dapat berperan serta dalam menumbuhkan dan meningkatkan sektor layanan kesehatan di Indonesia," ungkapnya.

Sebagai informasi, Marubeni Corporation adalah konglomerat bisnis perdagangan dan investasi yang terintegrasi dan terkemuka di Jepang.

Pada April 2019, Marubeni mendirikan Divisi Pengembangan Bisnis Next Generation dengan misi mengejar model bisnis baru yang dapat memberikan solusi atas masalah-masalah sosial, dan meningkatkan nilai korporasi dalam jangka panjang menuju tahun 2030.

Investasi di Siloam dan kemitraan strategis dengan LPKR merupakan landasan bagi ekspansi Marubeni ke dalam sektor layanan kesehatan dan infrastrukturnya di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lippo group siloam
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top