Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Pekan Depan Diprediksi Cerah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan depan diprediksi cerah akibat meredanya tensi perang dagang China-AS sehingga pergerakannya akan menguji target di 6.300
Karyawan melintas di dekat layar penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (12/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Karyawan melintas di dekat layar penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (12/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pekan depan diprediksi cerah akibat meredanya tensi perang dagang China-AS sehingga pergerakannya akan menguji target di 6.300. 

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengatakan dalam sepekan terakhir, pergerakan IHSG dipengaruhi banyak sentimen. Adapun, dalam sepekan, IHSG berada di rentang 5.988 hingga 6.109. IHSG pun mencatatkan pertumbuhan tipis yakni sebesar 0,73% dan ditutup menguat ke 6.105 pada perdagangan Jumat (11/10/2019). 

Dalam sepekan terakhir, pergerakan IHSG cukup fluktuatif dan sempat menyentuh angka di bawah 6.000. Menurut Lanjar, kekhawatiran investor sempat terkerek naik akibat memanasnya tensi perang dagang China-AS.

Lalu, di dalam negeri, IHSG mendapat tekanan dari turunnya cadangan devisa Indonesia. Seperti diketahui, Bank Indonesia menyatakan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2019 sebesar US$124,3 miliar atau turun tipis 1,66% dibandingkan dengan periode Agustus yakni US$126,4 miliar.

Selain cadangan devisa yang merosot, kekhawatiran investor bertambah akibat naiknya kredit macet bank besar di Tanah Air. Hal itu lantas memicu aksi jual saham emiten bank-bank besar. Terakhir, insiden penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) Wiranto. Tak heran bila IHSG terkapar di zona merah selama empat hari berturut-turut dan aksi asing jual bersih mencapai Rp1,12 triliun.   

Untungnya, pada akhir pekan, IHSG kembali ke zona hijau karena mendapat suntikan optimisme dari kemajuan negosiasi perang dagang China-AS. Lanjar menyebut pekan depan IHSG berpeluang naik menguji target 6.300 dengan sentimen turunnya tensi perang dagang China-AS serta rilis data inflasi, aktivitas ekspor-impor serta neraca dagang. 

“Minggu depan berpeluang naik menguji target 6.300 dengan katalis kesepakatan perdagangan AS-China yang mulai menurunkan kekhawatiran investor pada tensi perdagangan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Jumat (11/10/2019). 

Di awal pekan, dia memprediksikan pergerakan IHSG di awal pekan depan akan berada di titik support dan resistance yakni 6.080 hingga 6.140. Secara teknis, indikator stochastic terkonfirmasi golden-cross sejalan dengan momentum indikator RSI yang cenderung positif. Pergerakan selanjutnya, ujar Lanjar, akan menguji pergerakan rerata selama 20 hari dan +2 standar deviasi regresi bearish trend yang berada di kisaran 6.140. 

Atas prediksi pergerakan IHSG itu, dia merekomendasikan saham beberapa emiten seperti WTON, MAIN, TPIA, BRPT, INTP dan HMSP. Saham emiten lainnya yakni BBNI, BBTN, BMRI, PGAS, SRIL, ASII, TINS, MEDC, ADHI dan ERAA juga bisa dicermati pada perdagangan awal pekan depan. 

“IHSG break out resistance dan bergerak menghampiri target Moving Average 20 hari secara teknikal,” katanya. 

Kepala Riset Institusi MNC Sekuritas Thendra Crisnanda memprediksi bahwa pergerakan IHSG pada pekan depan akan berada di rentang 6.050 hingga 6.150. Adapun, sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan tersebut yakni rilis data ekonomi China terutama pertumbuhan ekonomi, neraca perdagangan dan inflasi. Lalu, sentimen lain yang turut mempengaruhi yakni data perumahan dan pengangguran di Amerika Serikat serta rilis data neraca perdagangan dan pertumbuhan kredit di Indonesia. 

Dia mengakui pasar selama sepekan ini cenderung stagnan. Alasannya, investor masih mengamati kelanjutan negosiasi perang dagang China-AS. Kekhawatiran resesi global, tutur Thendra, juga membuat muram investor sehingga pergerakan IHSG cukup dinamis. Di sisi lain, Tanah Air justru kekurangan sentimen positif karena investor menanti pembentukan kabinet baru 2019-2024. 

“IHSG diproyeksikan bergerak dalam rentang 6.050 - 6.150. Sentimen yang mempengaruhi, pertama, rilis data ekonomi Tiongkok terutama pertumbuhan ekonomi, neraca perdagangan dan inflasi. Kedua, [rilis] data housing dan pengangguran US. Ketiga [rilis] data neraca perdagangan dan pertumbuhan kredit Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper