Jelang Pengumuman RDG BI, IHSG Ditutup Turun 0,06 Persen

Indeks harga saham gabungan ditutup di zona merah setelah terkonsolidasi menanti keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  17:24 WIB
Jelang Pengumuman RDG BI, IHSG Ditutup Turun 0,06 Persen
Karyawan melintas di dekat layar penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (12/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan ditutup di zona merah setelah terkonsolidasi menanti keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Pada penutupan perdagangan Kamis (20/6/2019), IHSG ditutup melemah tipis 0,06% ke level 6.335. Selama perdagangan, investor asing tercatat net buy Rp278,74 miliar. Indeks sektor konsumer yang turun 0,81% dan sektor aneka industri yang melemah 0,81% menjadi penekan IHSG, sedangkan sektor industri dasar yang naik 1,48% dan sektor properti yang tumbuh 1,37% menjadi penahan pelemahan IHSG. 

Optimisme pada sektor properti masih menjadi penahan [pelemahan] pasca-kebijakan pemerintah mengenai rumah yang di bawah Rp30 miliar tidak dikenakan PPnBM yang artinya pembeli rumah di bawah level tersebut tidak dikenakan PPnBM 20%, hanya di kenakan PPn 10%," kata Analis Reliance Eekuritas Lanjar Nafi dalam riset hariannya, Kamis (20/6/2019).

Selanjutnya, Lanjar Nafi menambahkan, pelemahan indeks terjadi setelah pergerakannya terkonsolidasi menanti hasil RDG dari Bank Indonesia.

Adapun Bank Indonesia memutuskan tidak mengubah suku bunga 7-days reserve repo pada level 6%. Selain itu, BI melihat pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bakal berada di bawah rata-rata 5%--5,4%. Sementara itu, inflasi diperkirakan berada di kisaran 2,5%--4,5% dengan proyeksi pertumbuhan yang lebih lambat pada kuartal II/2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, Indeks BEI

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup