Gaet Pasar Ritel, Tanamduit Kembali Pasarkan SBR004

PT Star Mercato Capitale pengelola aplikasi tanamduit yang merupakan mitra distribusi resmi dari pemerintah untuk pembelian instrumen Surat Berharga Negara (SBN), kini kembali tawarkan kemudahan bagi investor yang ingin membeli SBR004 dan reksa dana melalui aplikasi tanamduit.
Ipak Ayu H Nurcaya | 29 Agustus 2018 00:59 WIB
SURAT UTANG NEGARA

Bisnis.com, JAKARTA — PT Star Mercato Capitale pengelola aplikasi tanamduit yang merupakan mitra distribusi resmi dari pemerintah untuk pembelian instrumen Surat Berharga Negara (SBN), kini kembali tawarkan kemudahan bagi investor yang ingin membeli SBR004 dan reksa dana melalui aplikasi tanamduit.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Star Mercato Capitale Muhammad Hanif mengatakan baik eksisting maupun potensial nasabah dapat membeli SBR004 dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi tanamduit. Fitur investasi tersebut telah dikembangkan untuk memudahkan nasabah berinvestasi melalui aplikasi.

"Pembelian instrumen SBR004 melalui tanamduit dapat dilakukan secara online dengan dua cara yakni melalui website tanamduit dan aplikasi Android dan iOS," katanya melalui siaran pers, Selasa (28/8/2018).

Pemesanan minimum SBR004 ini sebesar Rp1 juta dan maksimum sebesar Rp3 Miliar. Sama seperti produk SBR sebelumnya, SBR004 tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan hingga jatuh tempo kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo atau early redemption.

Pembayarannya dapat dilakukan melalui teller, ATM, maupun internet banking. Selain itu, tanamduit tidak memungut biaya untuk seluruh proses pembukaan rekening, pengiriman kupon maupun administrasinya.

Hanif menambahkan peminat SBR ini cukup tinggi karena terbilang investasi yang aman, terjangkau dan menguntungkan, terlebih jika investor membeli lewat tanamduit, sebab perusahaan akan memberikan promo cashback sebesar 2%.

SBR004 sendiri memiliki besaran kupon sebesar 8,05% lebih tinggi dari SBR003 atau seri sebelumnya yang hanya sebesar 6,8%. Berdasarkan hasil penjualan surat utang seri sebelumnya (SBR003) yang memesan melalui tanamduit banyak berasal dari generasi milenial.

Tanamduit bersama dengan mitra distribusi fintech lainnya berkontribusi sebanyak 14% dari jumlah total investor, dengan hasil yang dihimpun oleh tanamduit sendiri sebesar 0,32% dari atau sebesar  Rp6,2 miliar.

Meski belum signifikan dibandingkan dengan total dana keseluruhan, keberhasilan tanamduit dalam menggaet investor ritel membuat pemerintah mempercayakan kembali penjualan SBR 004 secara online.

Dalam keterangannya Hanif juga menambahkan bahwa tanamduit berhasil menggaet para investor ritel, sehingga dibandingkan dengan surat utang lainnya persebaran investor juga lebih luas dan dapat menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu ekspansi bisnis tanamduit akan gencar dilakukan dengan mengambil langkah strategis dan menggandeng sejumlah mitra untuk bekerjasama dalam investasi berbasis online tersebut.

Pihaknya juga menyebut tingginya peminat investasi belakangan ini melalui aplikasi tanamduit memerlukan solusi peningkatan modal untuk dapat berekspansi.

“Sebagai bagian dari strategi bisnis, kami sedang melakukan proses penambahan modal. Diharapkan dalam kuartal ketiga ini dapat segera terealisasi yang akan digunakan sebagai tambahan modal kerja dan pengembangan bisnis," ujar Hanif.

Tag : surat utang negara
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top