PREDIKSI IHSG KAMIS (22/3/2018): Indeks Lanjutkan Rebound? Simak Pilihan Sahamnya

Indeks berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Kamis (22/3/2018) melanjutkan rebound signifikan pada penutupan perdagangan hari ini.
M. Nurhadi Pratomo | 21 Maret 2018 20:40 WIB
Karyawan dan pelaku usaha berada di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (16/3/2018). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Kamis (22/3/2018) melanjutkan rebound signifikan pada penutupan perdagangan hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 69,25 poin atau 1,11% ke level 6.312,83. Sektor saham pertanian memimpin penguatan dengan 2,96% disusul sektor saham industri dasar 2,06% pada perdagangan hari ini.

Mayoritas indeks saham di Asia terkonsolidasi dengan Indeks Hangseng terkoreksi 0,43% dan CSI300 0,41%.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa IHSG secara teknikal bergerak rebound dengan membentuk pola candlestick bullish separting line. Indeks menguji resistance MA5 setelah berhasil kembali ke level di atas 6.300.

Lanjar menyebut indikator stokastik golden-cross berada di area oversold dengan RSI yang bergerak mulai terlihat reversal. Dengan demikian, IHSG diperkirakan bergerak dengan level support 6.300 dan resistance 6.375.

“Indeks akan bergerak mixed menguat terbatas,” ujarnya dalam riset harian yang dikutip, Rabu (21/3/2018).

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan indikator daily, MACD sudah berada di area negatif. Sementara itu, stokastik dan RSI menuju ke area netral.

Nafan menjelaskan bahwa terlihat pola white opening maraubozu candle. Dengan demikian, terindikasi potensi penguatan terbatas indeks pada perdagangan hari ini.

Di sisi lain, Frederik Rasali, Vice President Research Artha Sekuritas Indonesia memproyeksikan indeks mengalami penguatan setelah indeks saham global mengalami kondisi serupa. Namun, masih terlihat kecemasan atas keputusan The Fed.

Dia memprediksi indeks akan bergerak di level support 6.259 dan resistance 6.356. Pergerakan diperkirakan akan berada dalam fase konsolidasi.

Artha Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham AALI, INDF, dan BBNI. Semantara itu, Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham BBTN, BRPT, GIAA, PPRO, SMGR, dan WIKA.

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasi saham ANTM, HRUM, JSMR, KLBF, TLKM, WIKA, BRPT, ELSA, INKP, KAEF, ISAT, TINS, UNVR, dan ADHI.

Tag : IHSG
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top