Lima Perusahaan Anggota Apindo Siap Susul IPO

Lima perusahaan anggota Asosiasi Penguasa Indonesia atau Apindo mulai serius mempertimbangkan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering/ IPO, menyusul dua perusahaan yang sudah dalam proses IPO saat ini
Emanuel B. Caesario | 20 Februari 2018 15:05 WIB
Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani saat menjawab pertanyaan dari wartawan di Jakarta, Selasa (20/2)./Bisnis Indonesia - Emanuel B. Caesario

Bisnis.com, JAKARTA — Lima perusahaan anggota Asosiasi Penguasa Indonesia atau Apindo mulai serius mempertimbangkan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering/ IPO, menyusul dua perusahaan yang sudah dalam proses IPO saat ini.

Hariyadi B. Sukamdani, Ketua Umum Apindo, mengatakan bahwa saat ini sudah ada 2 perusahaan anggota Apindo yang sudah memastikan akan listing di Bursa Efek Indonesia tahun ini.

Keduanya yakni Mandiri Group, perusahaan asal Jakarta yang bergerak di bidang tambang batu bara; dan Mahkota Group, perusahaan asal Sumatra Utara yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit. Mandiri Group diperkirakan akan listing pada Juni 2018, sementara Mahkota Group sekitar Agustus 2018.

Hariyadi mengatakan, Apindo bersama BEI berupaya untuk menggiatkan sosialisasi kepada para anggota Apindo agar memanfaatkan pasar modal untuk berkembang. Menurutnya, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi perusahaan untuk listing karena pasar sedang bullish.

Apindo mencatat, selain kedua perusahaan tersebut, sudah ada sekitar 5 perusahaan lainnya yang mempertimbangkan secara serius untuk menyusul 2 perusahaan tadi. Kelima perusahaan tersebut masih harus mempersiapkan banyak hal sebelum memulai langkah serius persiapan IPO.

“Ada beberapa sektor, tetapi mereka juga cukup lumayan, asetnya di atas Rp1 triliun. Kalau tidak salah ada 2 dari daerah dan 3 dari Jakarta. Mereka sedang mempertimbangkan antara tahun ini [IPO] atau tahun depan, karena itu menyangkut administrasi masing-masing,” katanya, Selasa (20/2/2018).

Hariyadi mengatakan, Apindo mencatat ada tidak kurang dari 100 perusahaan anggota Apindo yang berpotensi untuk mulai menjajaki pasar modal. Apindo berusaha untuk melakukan sosialisasi kepada anggotanya agar semakin mantap untuk IPO.

“Target kami untuk sosialisasi, agar mereka mau. Kesulitannya lebih pada keyakinan saja, persepsi, kemauan,” katanya.

Tag : ipo, apindo
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top