Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Bergerak Menuju Level Resistan US$57,80 per Barel

Harga minyak mentah dunia memanas seiring dengan terganggunya jalur pipa di North Sea serta turunnya stok minyak AS untuk pekan keempat.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah dunia memanas seiring dengan terganggunya jalur pipa di North Sea serta turunnya stok minyak AS untuk pekan keempat.

Pada perdagangan Rabu (13/12) pukul 09.30 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Januari 2018 naik 0,41 poin atau 0,72% menjadi US$57,55 per barel di New York Merchantile Exchange.

Sementara itu, harga minyak Brent kontrak pengiriman Februari 2018 menguat 0,61 poin atau 0,96% menuju US$63,95 per barel di ICE Futures Europe Exhcange.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, harga minyak berpeluang menguat pada hari ini seiring dengan sentimen dari penutupan jalur pipa minyak di North Sea serta turunnya cadangan minyak mentah dalam laporan American Petroleum Institute (API).

Berdasarkan data API, penurunan persediaan minyak AS sebesar 7,38 juta barel pada pekan lalu atau lebih dari dua kali penurunan sebesar 2,89 juta barel yang diprediksi dalam survei analis Bloomberg.

“Harga minyak dapat menguat lebih lanjut jika rilis data cadangan minyak dari Energy Information Administration (EIA) pada pukul 22.30 WIB lebih rendah dari ekspektasi,” kata Faisyal dalam publikasi risetnya, Rabu (13/12/2017).

Secara teknikal, Faisyal menuturkan bahwa level resistan terdekat berada di level US$57,80 per barel. Menembus ke atas level tersebut dapat mendorong kenaikan menuju US$58,20 per barel dan dapat melaju hingga US$58,70 per barel.

“Untuk sisi bawahnya, area US$57,20 per barel menjadi level support terdekat. Break ke bawah level tersebut dapat memicu penurunan lanjutan menuju US$56,80 per barel dan bisa turun hingga US$56,30 per barel,” katanya.

Berikut analis teknikalnya. (per barel)
Level Resistan: US$57,80; US$58,20; US$58,70
Level Support: US$57,20; US$56,80; US$56,30

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper