Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lini Bisnis Aviasi AKR Corporindo (AKRA) Beroperasi Akhir Tahun Ini

AKR Corpindo Tbk. (AKRA) menargetkan lini bisnis aviasi melalui pembentukan perusahaan patungan dengan Air BP bisa beroperasi pada akhir tahun ini sehingga diperkirakan belum bisa memberikan kontribusi pada pendapatan tahun ini.
AKR Corporindo
AKR Corporindo

Bisnis.com, JAKARTA – PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) menargetkan lini bisnis aviasi melalui pembentukan perusahaan patungan dengan Air BP bisa beroperasi pada akhir tahun ini sehingga diperkirakan belum bisa memberikan kontribusi pada pendapatan tahun ini.

Presiden Direktur AKRA Haryanto Adikoesemo mengatakan industri aviasi di Indonesia ini bertumbuh sangat pesat, bahkan salah satu pertumbuhan yang tertinggi di dunia meskipun total demand avtur di indonesia sekitar 10%.

Hanya saja, lanjutnya, dengan pertumbuhan permintaan dua digit setiap tahunnya maka avtur akan menjadi potensi pertumbuhan untuk perseroan. Hanya untuk avtur memerlukan skill dan safety environtment management yang cukup baik sehingga perseroan menggandeng BP.

BP, lanjutnya, merupakan salah satu pemain avtur terbesar di dunia. Oleh karena itu, perseroan menggandeng BP untuk distribusi avtur di Indonesia. Selain itu, kerja sama dengan BP juga untuk mengembangkan jaringan SPBU nonsubsidi.

Pasalnya, menurut dia, kendaraan bermotor berkembang cukup pesat di Indonesia. Bahkan, Indonesia merupakan pasar kendaraan bermotor yang terbesar di Asean. Oleh karena itu, perseroan memandang ke depan jaringan SPBU masih sangat diperlukan.

Haryanto mengungkapkan Thailand yang memiliki penduduk 25 juta jiwa memiliki lebih dari 14.000 SPBU, sedangkan Indonesia yang berpenduduk 250 juta jiwa hanya memiliki 6.000 SPBU.

“Kami harapkan akhir tahun ini bisa beroperasi baik untuk avtur maupun jaringan bensin nonsubsidi,” katanya dalam konferensi pers Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan I AKR Corpindo Tahap I Tahun 2017, Senin (8/5/2017).

Dia menambahkan dalam kerja sama dengan BP tersebut tidak ada kewajiban untuk menyerap bahan baku dan bahan bakar minyak dari BP. Perusahaan patungan, diperbolehkan untuk menyerap dari pasar.

“Kalau mereka [BP] tawarkan harga yang kompetitif maka kami akan beli dari BP. Kalau tidak kita akan cari dari supplier lain yang harganya kompetitif,” katanya.

Sebelumnya, Direktur AKRA Jimmy Tandyo mengatakan anak usaha perseroan yakni PT Anugrah Krida Retailindo dan BP Global Investments Limited telah menandatangani akta pendirian perseroan terbatas PT Dirgantara Petroindo Raya yang berkedudukan di Jakarta Barat pada 28 April 2017.

“Maksud dan tujuan dari PT Dirgantara Petroindo Raya adalah bergerak di bidang pelayanan jasa terkait bandar udara di Indonesia khususnya pengoperasian dan pemasaran bahan bakar pesawat terbang di Indonesia,” katanya dalam keterbukaan informasinya, Selasa (2/5/2017).

Pada 5 April 2017, AKRA dengan BP telah menandatangani penjanjian pembentukan perusahaan patungan (joint venture/JV) yang diberi nama PT Aneka Petroindo Raya dan beroperasi di bawah nama BP AKR Fuels Retail

Perjanjian JV tersebut ditandatangani di London pada tanggal 5 April 2017 oleh Richard Harding, BP Downstream Commercial Development Vice-President, dan Haryanto Adikoesemo, Presiden Direktur AKRA.

Dalam sebuah perjanjian eksklusif, kedua belah pihak berniat untuk mengembangkan dan menawarkan pengalaman yang berbeda kepada konsumen dengan memanfaatkan kemampuan serta keahlian BP dan AKRA di pasar ritel yang sedang berkembang di Indonesia. JV ini akan membuka unit ritel pertamanya di Indonesia pada tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper