Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DBS: Emiten Batu Bara Masih Tertekan

Kenaikan harga batu bara beberapa waktu terakhir diprediksi tidak akan berlanjut. Emiten tambang batu bara di Indonesia masih menghadapi tekanan di tengah rendahnya harga komoditas di pasar global.

Bisnis.com, JAKARTA--Kenaikan harga batu bara beberapa waktu terakhir diprediksi tidak akan berlanjut. Emiten tambang batu bara di Indonesia masih menghadapi tekanan di tengah rendahnya harga komoditas di pasar global.

William Simadiputra, Equity Research Analyst DBS Group, dalam laporan berjudul 'Indonesia Industry Focus: Thermal Coal Sector' edisi Mei 2016, menyebutkan tren harga batu bara dunia masih berada pada level rendah.

Meski begitu, sektor batu bara Indonesia diprediksi masih dapat bertahan. DBS Group Research optimistis industri batu bara Indonesia mampu bertahan lebih lama dibandingkan di negara lain. Hal ini disebabkan lantaran industri di Tanah Air dapat memangkas biaya per ton, tertolong dari kombinasi rendahnya tarif kontraktor dan bahan bakar.

“Perusahaan penambangan batubara yang masuk cakupan kami berhasil mempertahankan margin kas yang stabil bahkan meski dihadapkan dengan kecenderungan penurunan harga batubara,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (6/9/2016).

Dia menyebutkan, harga patokan batu bara termal pada indeks Newcastle diprediksi berada pada kisaran US$55 per ton hingga 2017. Meski mengalami kenaikan sebesar 8,7% dibandingkan dengan tahun lalu, namun tidak setinggi pada 2012 yang menyentuh US$93,8 per ton.

Kenaikan harga yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir itu diperkirakan tidak akan berlanjut. Hal itu lantaran kenaikan harga hanya dipicu kekhawatiran adanya kekurangan pasokan akibat kebijakan pemerintah China mengurangi pasokan batu bara sebesar 550 juta ton atau sekitar 15% dari total produksi domestik.

Kebijakan tersebut memang bertujuan untuk mendorong kenaikan harga dan menyelamatkan produsen batu bara dari kebangkrutan massal. DBS Group Research percaya harga batu bara masih akan bertahan di level US$60-US$65 per ton pada semester II/2016.

Dia menyebutkan, hal tersebut sesuai dengan prediksi harga batu bara rerata acuan DBS sebesar US$55 per ton. Namun, peluang harga untuk naik lebih tinggi lagi akan sangat sulit dalam waktu dekat.

Persoalannya, kata dia, permintaan batu bara China masih lemah seiring upaya mengurangi polusi udara di kota-kota besar di daerah pesisir. Perkiraan tersebut didasarkan pada kombinasi sejumlah faktor, seperti rencana China mengurangi konsumsi batu bara seiring isu lingkungan.

Akan tetapi, sambungnya, rencana pengurangan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar mengingat setengah dari pembangkit listrik di China menggunakan batu bara. Sementara pembangunan pembangkit dari energi alternatif berjalan relatif lambat.

Pada sisi lainnya, India diprediksi menjadi salah satu konsumen utama batu bara dunia untuk memenuhi elektrifikasi di dalam negeri. Pembangkit listrik tenaga batu bara dinilai lebih ekonomis dan menguntungkan bagi perekonomian India.

Diperkirakan kebutuhan batu bara India akan tumbuh 2,8% per tahun. Sementara penurunan produksi dari produsen utama dunia, yakni Indonesia dan Australia belum cukup mampu untuk mendongkrak harga batu bara global.

DBS Group Research mencermati, penurunan produksi sekadar upaya menyesuaikan permintaan yang melemah. Alhasil, perlu penghentian produksi secara bertahap untuk mengurangi kelebihan pasokan batubara global.

DBS Group Research mencatat, rata-rata margin kas sejumlah perusahaan pada kuartal I/2016 memang mengalami penurunan dibandingkan kuartal IV/2015, namun tidak signifikan. Kisarannya masih berada di US$10 sampai US$15 per ton.

Adapun produksi batu bara juga mengalami penurunan meski tidak signifikan. William mengatakan, perusahaan penambangan skala besar besar bisa mengurangi biaya tunai lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan yang lebih kecil.

Selain mempunyai skala ekonomi yang lebih baik dan fleksibilitas operasional, perusahaan besar juga mempunyai daya tawar yang lebih besar dalam negosiasi tarif kontrak penambangan dengan kontraktor pihak ketiga.

Penambang batu bara yang memiliki cukup cadangan juga bisa terus menurunkan strip ratio atau nisbah pengupasan tanpa mengorbankan cadangan batu bara secara signifikan.

Sebaliknya, penambang dengan cadangan batu bara terbatas tidak mungkin menahan rendahnya harga dalam jangka panjang. Oleh karenanya penutupan konsensi secara bertahap diperlukan untuk meminimalisasi biaya operasional sebelum margin kas terangkat lagi pada dua kuartal terakhir.

Untuk itu, penambang Indonesia yang mempunyai ruang gerak untuk efisiensi tidak perlu memangkas produksi atau menurunkan strip ratio. DBS melihat hanya sedikit pasokan yang dipotong pada kuartal I/2016 sementara sebagian besar perusahaan mempertahankan angka produksi selama 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper