BURSA EROPA: Sektor Energi & Tambang Reli, Stoxx Europe 600 Ditutup Naik 0,1%

Indeks Stoxx Europe 600 naik kurang dari 0,1% pada penutupan perdagangan karena kenaikan harga komoditas dan minyak mentah mendorong saham penguatan emiten.
Aprianto Cahyo Nugroho | 17 Mei 2016 06:38 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham menguat tipis di tengah reli sektor tambang dan energi karena bank sentral China berjanji untuk mendukung perekonomian.

Indeks Stoxx Europe 600 naik kurang dari 0,1% pada penutupan perdagangan karena kenaikan harga komoditas dan minyak mentah mendorong saham penguatan emiten. Volume transaksi di indeks Stoxx 600 45% lebih rendah rata-rata volume perdagangan 30 hari terakhir karena bursa Jerman dan Swiss tutup karena liburan.

"Sektor sumber daya dam minyak membukukan kinerja terbaik sejak Februari, tetapi keduanya harus terus membukukan kinerja positif untuk reli berkelanjutan," kata Jasper Lawler dari CMC Markets Plc seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Pada hari Senin, harga minyak dan logam menguat hingga mendorong naiknya saham emiten komoditas. Saham Anglo American Plc dan Tullow Oil Plc naik lebih dari 5%.

Di antara emiten lain yang bergerak pada indeks, Konecranes Oyj melonjak 18% setelah produsen mesin konstruksi asal Finlandia tersebut sepakat untuk mengakuisisi bisnis alat angkut Terex Corp. Telecom Italia SpA naik 3% setelah meningkatkan target pemotongan biaya hingga 1,6 miliar euro (US$1,8 miliar) pada tahun 2018.

Sementara itu, Eutelsat Communications SA turun 6,8% menyusul karena Morgan Stanley menurunkan rating operator satelit Perancis tersebut. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa stoxx europe 600

Sumber : Bloomberg
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top