Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Ekspor China OK, Komoditas Gairahkan Indeks Stoxx

Bursa saham Eropa naik ke level tertinggi dalam satu bulan, didorong oleh sektor perbankan menyusul optimisme akan stabilnya perekonomian China.
Bursa Eropa menguat/Bisnis
Bursa Eropa menguat/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa naik ke level tertinggi dalam satu bulan, didorong oleh sektor perbankan menyusul optimisme akan stabilnya perekonomian China.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 2,52% atau 8,42 poin ke level 343,06 pada penutupan perdagangan Rabu (13/4/2016) waktu London.

Tercatat lebih dari 500 saham mengalami reli. Indeks melanjutkan rebound setelah membukukan penurunan selama empat minggu berturut-turut. Sektor komoditas memimpin kenaikan setelah data menunjukkan bahwa ekspor China melonjak paling tinggi dalam satu tahun terakhir dan penurunan impor menyempit.

"Tampaknya minat investor akan kembali. Sektor komoditas juga mendapat support dari neraca perdagangan China yang positif, dan pembicaraan yang akan menghasilkan solusi di Italia juga memberikan sedikit dukungan ke pasar," kata Benno Galliker dari Luzerner Kantonalbank AG kepada Bloomberg.

Namun, Galliker menyoroti bahwa pasar tetap rapuh dan sentimen bisa berubah dengan cepat jika laporan keuangan mengecewakan. Stoxx 600 telah diperdagangkan dalam kisaran ketat selama sebulan terakhir. Indeks diperdagangkan pada 15,1 kali estimasi laba, mendekati posisi terendah dalam satu tahun terhadap indeks Standard & Poor 500.

Indeks FTSE 100 di Inggris menjadi pemimpin pasar Eropa tahun ini, ditopang oleh lonjakan perusahaan komoditas dan melemahnya poundsterling. Indeks menguat 1,9% pada Rabu, dengan saham Anglo American Plc, Rio Tinto Group dan BHP Billiton Ltd naik lebih dari 7,5%. Standard Chartered Plc dan Barclays Plc juga naik lebih dari 7%. Sementara itu, Berkeley Group Holdings Plc naik 2,7% 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper