Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Indeks Stoxx Bergerak di Zona Hijau

NH Korindo Securities Indonesia (NHKSI) mengemukakan pada pekan lalu bursa Eropa bergerak positif
 Bursa Eropa bergerak di zona hijau./
Bursa Eropa bergerak di zona hijau./

Bisnis.com, JAKARTA— NH Korindo Securities Indonesia (NHKSI) mengemukakan pada pekan lalu bursa Eropa bergerak positif.

“Laju bursa saham Eropa melanjutkan laju positif di pekan kemarin,” kata Kepala Riset NHKSI Reza Priyambada dalam risetnya.

Dikemukakan laju positif mewarnai pergerakan laju bursa saham Eropa yang mampu berbalik menguat, setelah variatif cenderung melemah di akhir pekan sebelumnya.

Reza mengatakan kenaikan tipis inflasi Spanyol yang dibarengi kenaikan business confidence dan consumer confidence Italia serta Uni Eropa memberikan sentimen positif.

Apalagi, ujarnya, dengan kembali melemahnya nilai euro seiring ketidakpastian pengamanan dana bailout Yunani, tidak terlalu direspons negatif.

Laju positif yang sempat dirasakan bursa saham Eropa sebelumnya, tampaknya harus tertahan seiring respons terhadap rilis penurunan growth penjualan ritel Jerman dan Spanyol yang diikuti kenaikan unemployment rate Italia dan penurunan current account Spanyol.

Bahkan, tambahnya, dengan dirilisnya pertumbuhan positif PDB Inggris tidak banyak memberikan imbas positif pada laju bursa saham Eropa, termasuk pada FTSE sendiri karena terhalangi masih defisitnya current account Inggris.

Reza mengatakan rilis kenaikan market manufacturing PMI di Spanyol, Inggris, Italia, Prancis, Jerman, hingga Zona Euro mampu memberikan penilaian positif sehingga dapat mengimbangi imbas negatif dari laju bursa saham Asia yang melemah.

Pelaku pasar menghubungkan positif antara kenaikan data manufaktur PMI tersebut dengan stimulus ECB yang mulai digelontorkan pada minggu awal Maret.

Adanya ekspektasi Yunani akan dapat mengamankan dana bailout, seiring dengan proposal yang disampaikan memberikan sentimen positif meski juga dibarengi aksi jual pada beberapa laju bursa saham Eropa lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper