Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Multigriya (SMF) Terbitkan Obligasi Lebih dari Rp5 Triliun Pada 2015

Perusahaan pembiayaan pelat merah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) membidik emisi obligasi lebih dari Rp5 triliun pada tahun depan.
Sarana Multigriya (SMF)./Bisnis.com
Sarana Multigriya (SMF)./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan pelat merah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) membidik emisi obligasi lebih dari Rp5 triliun pada tahun depan.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengaku pihaknya akan menerbitkan obligasi melalui penawaran umum berkelanjutan (PUB) III pada 2015 dengan nilai lebih dari Rp5 triliun selama 2 tahun.

“Tahap pertama, nilai emisi PUB III mencapai Rp2,5 triliun yang akan diterbitkan pada kuartal II/2014,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (22/12/2014).

Sebelumnya, SMF telah menerbitkan PUB II senilai total Rp5 triliun dengan jangka waktu 2 tahun. PUB II tersebut telah diterbitkan sebesar Rp4,12 triliun hingga akhir Desember 2014 dari total Rp5 triliun.

Peringkat AAA yang disematkan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) membuat SMF kian percaya diri dengan rencana penerbitan obligasi tersebut.

Secara terpisah, Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menilai rencana penerbitan obligasi SMF akan diminati oleh investor meskipun suku bunga akan tinggi pada tahun depan.

Investor dinilai akan melihat rekam jejak penerbit obligasi terutama terhadap peringkat dan pembayaran bunga sebelumnya. Kelebihan permintaan (oversubscribed) penerbitan obligasi pada Desember lalu hingga Rp1,45 triliun menjadi bukti minat investor yang tinggi.

"Investor bisa meminta yield lebih tinggi kalau SMF bisa memberikan kupon di atas suku bunga, tentu pasar akan sangat meminati. Pelaku pasar akan menyerap lebih tinggi dibandingkan dengan nominal penerbitannya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper