Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS Naik ke Level Tertinggi 3 Pekan ke US$1.313,66/Ounce

Emas naik ke level tertinggi 3 pekan karena investor menimbang ketegangan di Ukraina terhadap tanda-tanda membaiknya perekonomian global. Palladium berada di dekat level tertinggi sejak Agustus 2011.
Emas batangan untuk pengiriman Juni naik 0,3% menjadi US$1.312,10 per ounce di Comex di New York. /bisnis.com
Emas batangan untuk pengiriman Juni naik 0,3% menjadi US$1.312,10 per ounce di Comex di New York. /bisnis.com

Bisnis.com, SINGAPURA - Emas naik ke level tertinggi 3 pekan karena investor menimbang ketegangan di Ukraina terhadap tanda-tanda membaiknya perekonomian global. Palladium berada di dekat level tertinggi sejak Agustus 2011.

Emas batangan untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,4% menjadi US$ 1.313,66 per ounce, dan diperdagangkan di US$1.312,02 pada pukul 13:42 di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Emas naik ke US$1.315.68 pada 5 Mei, harga tertinggi sejak 15 April.

Emas telah reli 9,2% tahun ini, seiring dengan Federal Reserve yang mengurangi pembelian obligasi bulanan, dan konflik antara Rusia dan Ukraina telah mendorong permintaan safe haven. Di China, yang merupakan negeri konsumen terbesar emas di dunia, volume kontrak spot emas patokan di Shanghai naik untuk hari kedua kemarin.

Krisis di Ukraina "menunjukkan bahwa permintaan terhadap safe haven untuk emas dan perak meningkat, jadi kami berharap bahwa dalam jangka pendek, itu akan memiliki efek positif," kata Piet Hein - Ingen Housz, kepala global logam di ABN Amro Bank NV, dalam sebuah wawancara televisi Bloomberg.

"Namun, jika ekonomi di AS dan Eropa memang membaik, itu akan memiliki tekanan pada emas dan perak dalam jangka panjang."

AS mendesak Ukraina melanjutkan pemilihan presiden pada 25 Mei, menolak panggilan Rusia untuk menunda pemungutan suara setelah pemerintah di Kiev melancarkan serangan terhadap separatis di negara bagian timur dan selatan.

Pemulihan Ekonomi

Data kemarin menunjukkan defisit perdagangan AS menyempit pada Maret karena ekspor bertumbuh paling tinggi dalam 9 bulan, sedangkan ukuran sector jasa di wilayah euro naik menjadi 53,1 pada April , dari angka 52,2 pada bulan sebelumnya.

Emas sempat merosot 28% pada 2013, penurunan tahunan terbesar dalam lebih dari 3 dekade, akibat ekspektasi The Fed akan mengurangi stimulus karena ekonomi pulih. Bank sentral mengumumkan pemotongan untuk pembelian aset di masing-masing empat pertemuan terakhir.

Emas batangan untuk pengiriman Juni naik 0,3% menjadi US$1.312,10 per ounce di Comex di New York. Penahanan SPDR Gold Trust, produk yang diperdagangkan di bursa terbesar yang didukung emas, tidak berubah untuk hari kedua pada 782,85 metrik ton kemarin, terendah sejak Januari 2009 .

Palladium untuk pengiriman segera turun 0,3% menjadi US$816,25 per ounce setelah mencapai US$820,90 kemarin akibat kekhawatiran bahwa pasokan dari Rusia, produsen terbesar, dapat terganggu karena ancam sanksi AS.

Platinum berada di US$1.454,10 per ons dari US$1.454,75. Impala Platinum Holdings Ltd, produsen terbesar kedua, mengatakan akan memotong pasokan sebanyak 60% dalam 3-4 bulan, dan harus membayar pemogokan selama 14 – minggu yang melumpuhkan tambang Afrika Selatan itu.

Perak naik 0,5% menjadi US$19,6974 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper