Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Sisi Positif Merokok

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Tetapi ada lho sisi positif merokok, apa itu?

Bisnis.com, JAKARTA--Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Tetapi ada lho sisi positif merokok, apa itu?

Dalam riset PT Daewoo Securities Indonesia yang dipublikasikan Jumat (4/4/2014), disebutkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 109/2012, pemerintah meminta produsen rokok untuk mencantumkan peringatan bahaya rokok pada setiap kemasan rokok.

Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi permintaan rokok. Industri rokok Indonesia tetap bertumbuh secara berkelanjutan.

Daewoo Securities mencatat pada 2013 volume produksi rokok Indonesia mencapai 341,9 miliar batang, naik 4,6% dari 326,8 miliar batang pada 2012.

Dari sudut pandang ekonomi, industri rokok merupakan salah satu sumber pendapatan pemerintah. Pada 2013 sekitar 66,5% dari pendapatan bea dan cukai, berasal dari cukai rokok. Persentase tersebut meningkat dari 62,7% pada 2012.

Meskipun pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan cukai rokok pada 2014, tapi mengijinkan pemerintah daerah untuk memungut pajak rokok sebesar 10%.

Periset Daewoo Securities percaya bahwa pajak rokok akan tetap menjadi sumber penting pendapatan bea dan cukai tahun ini. Hingga Februari 2014, pendapatan dari cukai rokok naik tajam 51,7% menjadi Rp12,9 trilliun dari Rp8,5 trilliun pada Januari 2014.

Dirjen bea dan cukai memperkirakan volume produksi rokok hingga akhir tahun ini dapat menembus 362 miliar batang.

Terdapat 4 perusahaan produsen rokok yang listing di PT Bursa Efek Indonesia, yakni Gudang Garam (GGRM), HM Sampoerna (HMSP), Bentoel International investama (RMBA), dan Wismilak Intimakmur (WIIM).

Meskipun HMSP memiliki kapitalisasi pasar terbesar, floating share-nya hanya 1,8%. Untuk itu, Daewoo Securities menyarankan untuk investor lebih memperhatikan GGRM yang likuiditasnya lebih tinggi.

Sebagai catatan, GGRM membukukan pendapatan Rp55,4 trilliun dengan net profit margin dan ROE masing-masing 7,8% dan 14,7% pada 2013.

Jadi, Anda setuju masih ada sisi positif merokok?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper