Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Multigriya (SMF) Raih Peringkat AA (idn) dari Fitch

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan rating jangka panjang nasional PT Sarana Multigriya Financial (SMF) di level AA (idn), sedangkan peringkat jangka pendek nasional di level F1+ (idn) dengan proyeksi stabil.

Bisnis.com, JAKARTA—Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan rating jangka panjang nasional PT Sarana Multigriya Financial (SMF) di level AA (idn), sedangkan peringkat jangka pendek nasional di level F1+ (idn) dengan proyeksi stabil.

Seperti dikutip dari Reuters pada Senin (10/3/2014), selain peringkat tersebut, Fitch Ratings juga menetapkan rating dari obligasi senior perseroan dalam dolar AS di level AA (idn).

Adapun, peringkat nasional di kategori AA menunjukkan indikasi dari ekspektasi risiko kegagalan dari kinerja perseroan adalah sangat rendah dibandingkan dengan perusahaan sejenis di Indonesia.  

Resiko kredit terkait penerbitan surat utang dan keamanan tingkat utang juga tercatat tertinggi di Indonesia dengan rating F1 (idn).

Rating nasional F1 menunjukkan indikasi kapasitas komitmen pembayaran perseroan adalah yang terkuat dibandingkan dengan perusahaan lain.  Adapun tambahan “+” diberikan karena tingkat likuiditas keuangan yang kuat.

Lebih lanjut, rating SMF merefleksikan ekspektasi yang positif dari dukungan pemerintah Indonesia. Hal itu berdasarkan fokus SMF yang notabene dimiliki pemerintah 100% terhadap pasar perumahan sekunder di Indonesia.

Fitch memproyeksikan SMF bakal mengembangkan portofolio pinjaman hingga mencapai US$3 triliun pada 2014, yang bakal ditopang oleh penerbitan surat utang.

Hal itu mengacu proyeksi Fitch terkait total pinjaman bank dan perusahaan finansial yang tumbuh mencapai Rp6,2 triliun pada akhir 2013 dari Rp4,8 triliun pada 2012 karena permintaan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Giras Pasopati
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper