Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HP Analytics: Bursa Asia Menguat, IHSG Bergerak di Level 4.083-4.182

Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak di kisaran 4.083-4.182 pada perdagangan hari ini, Selasa (17/12/2013)

Bisnis.com, JAKARTA – Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak di kisaran 4.083-4.182 pada perdagangan hari ini, Selasa (17/12/2013).

Bursa Asia (Nikkei +1,04%, Hangseng –0,56%)

Indeks bursa saham Asia ditutup melemah pada perdagangan Senin setelah data manufaktur China menunjukkan adanya perlambatan pada Desember. Data manufaktur awal HSBC dilaporkan menurun ke level 50,5 yang merupakan level terendah dalam tiga bulan terakhir serta di bawah data November di level 50,8.

Pagi ini, bursa Jepang terdorong ke zona hijau pada awal perdagangan sejalan dengan penguatan yang terjadi di Wall Street dan Eropa.

Bursa AS (DJIA +0,82%, S&P500 +0,63%, Nasdaq +0,71%)

Indeks bursa saham acuan Wall Street ditutup menguat pada perdagangan awal pekan ini setelah data manufaktur Amerika menunjukan adanya perbaikan pada aktivitas manufaktur secara merata diseluruh negara tersebut.

Data Empire State Manufacturing Index meingkat ke level 1,0 pada Desember dari bulan sebelumnya –2,2. Sementara itu, data Industrial Production dilaporkan tumbuh sebesar 1,1% untuk November, meningkat dari data revisi Oktober yaitu tumbuh 0,1%, melebihi ekspektasi pasar yang memperkirakan kenaikan sebesar 0,6%.

Bursa Eropa (Stoxx 600 +1.26%, DAX +1.74%, CAC 40 +1.48%)

Indeks bursa saham Eropa juga mengalami kenaikan dan ke luar dari fase melemah dalam empat sesi perdagangan terakhir. Penguatan ini dipicu oleh data ekonomi Euro Zone yang dilaporkan lebih baik dari estimasi.

Data PMI Manufacturing Euro Zone menunjukan adanya kenaikan di Desember menjadi 52,7 dari 51,6 di November. PMI Perancis menurun ke level terendah untuk 7 bulan terakhir, sedangkan PMI Jerman menguat ke level tertinggi dalam 30 bulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : HP Analytics
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper