Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenapa IHSG Menguat, Simak Ulasannya

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menilai banyaknya investor yang masuk kembali ke pasar, baik lokal maupun asing, menguatkan indeks harga saham gabungan hingga jeda siang hari ini, Senin (18/11/2013)

Bisnis.com, JAKARTA— PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menilai banyaknya investor yang masuk kembali ke pasar, baik lokal maupun asing, menguatkan indeks harga saham gabungan hingga jeda siang hari ini, Senin (18/11/2013).

Analis Pefindo Achmad Kurniawan Sudjatmiko mengatakan IHSG yang sebelumnya melemah menjadi pertimbangan investor untuk saatnya masuk ke pasar.

“Sudah banyak masuk lagi ke pasar, karena kemarin sudah jatuh cukup lumayan. Mereka (investor) melakukan aksi beli,” kata Sudjatmiko saat dihubungi hari ini, Senin (18/11/2013).

Kalangan investor, ujarnya, juga optimistis dengan langkah positif yang bakal ditempuh pemerintah, terutama dalam upaya mengurangi impor.

Terkait dengan masih adanya kekhawatiran pengurangan stimulus (tapering off) oleh bank sentral Amerika Serikat, Sudjatmiko mengatakan kalangan investor sudah cukup mengantisipasinya.

“Keyakinan investor  bertambah. Saya rasa begitu (IHSG tetap menguat hingga penutupan hari ini),” katanya.

Seperti diketahui pada perdagangan hari ini (18/11/2013), IHSG) dibuka menguat 0,59% ke level 4.361,22. Indeks menguat 1,42% ke level 4.369,93 pada akhir sesi I siang ini.

Menurut tim riset Daewoo Indonesia Securities, jumlah transaksi yang terjadi hingga akhir sesi I siang ini, sebanyak 3,7 juta lot atau setara dengan Rp2 triliun.

Hingga siang ini, asing tercatat melakukan nett buy di pasar reguler sebesar Rp121 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli a.l. PTBA Rp18 miliar, PGAS Rp12 miliar, ADRO Rp10 miliar, BMRI Rp6 miliar, dan BUMI Rp4 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper