Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NILAI TUKAR: Penguatan rupiah bergantung pada neraca perdagangan RI

JAKARTA—Penguatan nilai tukar rupiah bergantung pada perbaikan posisi neraca perdagangan Indonesia.
 
Ekonom PT Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan kebijakan Bank Indonesia dalam bentuk aturan devisa hasil ekspor hanya sebagian kecil dari aspek yang berpengaruh pada nilai tukar rupiah.
 
Aturan DHE belum cukup efektif karena baru mampu memaksa 70% devisa hasil ekspor diterima melalui industri perbankan Tanah Air.
 
Lana memperkirakan dampak DHE pada posisi nilai tukar rupiah pada 2013 masih akan terbatas meskipun telah dilengkapi dasar aturan pembentukan trustee oleh bank lokal.
 
“Aspek yang lebih besar adalah neraca perdagangan, itu akan lebih bisa mendorong fundamental,” katanya dalam acara peluncuran STAR fo Desktop di Galeri Bursa Efek Indonesia, Sabtu (19/1).
 
Dia menjelaskan nilai tukar rupiah tertekan akibat defisit neraca perdagangan terus menguras suplai dolar AS di pasar domestik. 
 
Perbaikan posisi neraca perdagangan bisa melengkapi arus modal masuk dalam bentuk portfolio dan investasi langsung yang belakangan ini menopang keseimbangan neraca pembayaran Indonesia.
 
Lana yakin perbaikan perekonomian China bisa mendorong harga komoditas di pasar global hingga nilai ekspor Indonesia terdongkrak pada 2013.
 
Penguatan kinerja ekspor kemudian akan mengisi kebutuhan dolar di pasar domestik yang saat ini banyak terserap oleh kebutuhan importir barang modal dan BBM.
 
Adapun tren penurunan nilai rupiah pada awal tahun, jelasnya, lebih banyak dipengaruhi oleh aktivitas di pasar finansial daripada pergerakan fundamental perekonomian.
 
“Kalau overshooting kejadian, baru si pemilik modal mau jual dolar. Sekarang yang punya dolar belum mau jual karena menunggu titik balik itu,” kata Lana.
 
Senior Technical Analyst Samuel Sekuritas M. Alfatih memaparkan sepanjang 2012 pelemahan rupiah telah menembus level penting pada 9.450 dan 9.650.
 
Pergerakan hingga Januari, menurut dia, menunjukkan potensi nilai tukar rupiah pada dolar AS bisa overshooting hingga ke titik 10.120. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper