Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA EMITEN: Penjualan Forklift Kobexindo meroket 134%

Nurul Hidayat
Nurul Hidayat - Bisnis.com 21 November 2012  |  18:13 WIB
JAKARTA - Emiten alat berat PT Kobexindo Tractors Tbk mencatatkan pertumbuhan 134% pada penjualan segmen forklift sepanjang 9 bulan pertama 2012 seiring dengan diluncurkannya produk baru. 
 
Selama Januari-September 2012, emiten berkode KOBX ini membukukan penjualan forklift senilai Rp65,5 miliar, melonjak dibandingkan Rp27,9 miliar pada periode sama tahun lalu. 
 
"Untuk meningkatkan angka penjualan, belum lama ini kami telah meluncurkan forklift kelas 25 ton bermerek Doosan DV250S-7. Penambahan varian baru ini akan melengkapi lini produk forklift yang kami tawarkan baik itu Doosan maupun Jungheinrich," ujar Direktur Utama Kobexindo Humas Soputro dalam siaran pers (21/11). 
 
Forklift 25 ton ini dapat digunakan untuk pemakaian di pabrik besi, depo container, pelabuhan, industri alat berat, manufaktur dan pertambangan
 
Seperti diberitakan sebelumnya, emiten yang baru tercatat di bursa sejak Juli ini menargetkan penjualan alat berat sebanyak 1.100 unit sepanjang 2012. Adapun, pangsa pasarnya di Indonesia mencapai 6%, dari total permintaan alat berat nasional yang diperkirakan 21.000 unit tahun ini. 
 
Perusahaan yang memiliki 11 cabang di Indonesia ini percaya penjualan forklift baik di kelas kecil, sedang dan besar memiliki prospek yang baik seiring dengan persebarannya di Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Sektor industri yang menjadi pelanggan produk Kobexindo tersebut beragam mulai dari perusahaan persewaan, produsen besi baja, produsen consumer goods, dan logistik. 
 
"Segmen ini memperlihatkan potensi yang sangat baik. Ditambah, kepercayaan konsumen lama kami seperti Unilever dan Djarum. Hal ini membuktikan kualitas produk yang kami pasarkan dapat bersaing dengan produk-produk Eropa baik secara kualitas maupun harga," kata Humas.
 
Selain forklift, produk-produk yang dijual dan disewakan oleh perusahaan ini termasuk excavator, off road heavy dump truck, dan rigid dump truck.  Alat-alat berat tersebut diambil dari produsen luar negeri yang menjadi mitra perseroan seperti Doosan (Korea Selatan), Daewoo (Korea Selatan), NHL (Tiongkok), dan Jungheinrich (Jerman). (faa)
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top