Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ARAB SAUDI lampaui volume produksi minyak RUSSIA

KHOBAR, Arab Saudi: Reputasi Rusia, sebagai produsen minyak mentah terbesar dunia  dalam enam tahun terakhir tumbang menyusul volume migas Arab Saudi yang menembus level tertingginya dalam 31 tahun terakhir.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Mei 2012  |  05:53 WIB

KHOBAR, Arab Saudi: Reputasi Rusia, sebagai produsen minyak mentah terbesar dunia  dalam enam tahun terakhir tumbang menyusul volume migas Arab Saudi yang menembus level tertingginya dalam 31 tahun terakhir.

Joint Organization Data Initiative (JODI) mengungkapkan ekspor minyak mentah Arab Saudi naik 3% pada Maret, mencetak angka tertingginya dalam 5 tahun terakhir menyusul pengapalan minyak mentah asal Iran.

Negara anggota OPEC yang menjadi produsen minyak terbesar ini mencatat volume produksi 9,923 juta barel per hari pada Maret, naik 0,7% ke level tertinggi kedua sejak 1980, ungkap data tersebut. Angka itu melampaui kinerja Rusia, yang tercatat sebesar 9,92 juta barel per hari, pada pertama kalinya sejak Februari 2006.

JODI, yang berbasis di Riyadh, berafiliasi dengan International Energy Forum, mengompilasi data dari pihak pemerintah negara produsen minyak dunia. IEF sendiri adalah sekelompok akuntan dari sejumlah negara yang mayoritas berperan dalam 90% terlibat dalam aktivitas produksi, suplai dan permintaan.

Menteri Energi Rusia sendiri memperkirakan produksi negaranya sudah mencapai 10,36 juta barel per hari pada Maret.

 

Namun, berdasarkan perhitungan JODI dari angka yang tercantum dalam Asia Pacific Economic Cooperation serta empat sumber data lainnya yang tidak dijelaskan secara detil, angka produksi Rusia itu merupakan akumulasi volume minyak mentah dan kondensat. (Bloomberg/arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top