Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KARTINI MULJADI raup Rp2,1 triliun dari penjualan saham Tempo Scan

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  16:51 WIB

 

JAKARTA: Keluarga Kartini Muljadi, pemegang saham mayoritas produsen dan distributor farmasi, PT Tempo Scan Pacific, meraih Rp2,1 triliun dari transaksi penjualan 625 juta saham perseroan. Kartini Muljadi memiliki saham di Tempo Scan melalui PT Bogamulia Nagadi.

 

Bogamulia Nagadi dikendalikan oleh Keluarga Kartini Muljadi melalui PT Kumpulan Mulia yang memiliki 99,99% saham. Sisanya adalah anak Kartini Muljadi yaitu Handojo Selamet Muljadi yang memiliki 0,01% saham.

 

Sebelum transaksi berlangsung, dari total 4,5 miliar saham Tempo Scan, sebanyak 95,06% saham dikuasi Bogamulia Nagadi dan sisanya dimiliki oleh publik.

 

SVP Head of External Communications  The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited Mutiara D. Asmara mengungkapkan semula jumlah saham Tempo Scan Pacific yang akan dilepas berjumlah 500 juta dengan opsi penambahan 175 juta. Namun, akhirnya disepakati jumlah saham Tempo Scan yang dilepas sebanyak 125 juta. 

 

"Kesepakatan harga penjualan ditetapkan pada level Rp2.650 per saham, dari patokan penawaran senilai Rp2.500 hingga Rp2.650. Harga ini terdiskon  0,9% dibandingkan penutupan harga saham perseroan pada 7 Mei senilai Rp2.675 dan merefleksikan rasio harga terhadap laba [price to earning ratio] pada 2011 sebesar 21x," paparnya melalui siaran pers, tadi malam.

 

Dia memaparkan sebanyak 80% saham Tempo Scan dialokasikan untuk 30 institusi yang memiliki horison investasi jangka panjang.

 

HSBC bertindak sebagai sole global coordinator dan book runner. Dia menilai transaksi pengalihan saham ini untuk sementar  menjadi yang terbesar dari sisi nilai pada tahun ini. (ea)

 

JANGAN LEWATKAN: 

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : M. Munir Haikal

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top