Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KARTINI MULJADI raup Rp2,1 triliun dari penjualan saham Tempo Scan

 

 

JAKARTA: Keluarga Kartini Muljadi, pemegang saham mayoritas produsen dan distributor farmasi, PT Tempo Scan Pacific, meraih Rp2,1 triliun dari transaksi penjualan 625 juta saham perseroan. Kartini Muljadi memiliki saham di Tempo Scan melalui PT Bogamulia Nagadi.

 

Bogamulia Nagadi dikendalikan oleh Keluarga Kartini Muljadi melalui PT Kumpulan Mulia yang memiliki 99,99% saham. Sisanya adalah anak Kartini Muljadi yaitu Handojo Selamet Muljadi yang memiliki 0,01% saham.

 

Sebelum transaksi berlangsung, dari total 4,5 miliar saham Tempo Scan, sebanyak 95,06% saham dikuasi Bogamulia Nagadi dan sisanya dimiliki oleh publik.

 

SVP Head of External Communications  The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited Mutiara D. Asmara mengungkapkan semula jumlah saham Tempo Scan Pacific yang akan dilepas berjumlah 500 juta dengan opsi penambahan 175 juta. Namun, akhirnya disepakati jumlah saham Tempo Scan yang dilepas sebanyak 125 juta. 

 

"Kesepakatan harga penjualan ditetapkan pada level Rp2.650 per saham, dari patokan penawaran senilai Rp2.500 hingga Rp2.650. Harga ini terdiskon  0,9% dibandingkan penutupan harga saham perseroan pada 7 Mei senilai Rp2.675 dan merefleksikan rasio harga terhadap laba [price to earning ratio] pada 2011 sebesar 21x," paparnya melalui siaran pers, tadi malam.

 

Dia memaparkan sebanyak 80% saham Tempo Scan dialokasikan untuk 30 institusi yang memiliki horison investasi jangka panjang.

 

HSBC bertindak sebagai sole global coordinator dan book runner. Dia menilai transaksi pengalihan saham ini untuk sementar  menjadi yang terbesar dari sisi nilai pada tahun ini. (ea)

 

JANGAN LEWATKAN: 

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper