Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual saham ke publik, Mitra Maparya bersiap ekspansi jaringan

JAKARTA: PT Asuransi Mitra Maparya, perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum, akan menggunakan dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) untuk ekspansi bisnis dengan menambah jaringan dalam beberapa tahun ke depan.Kuswantara

JAKARTA: PT Asuransi Mitra Maparya, perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum, akan menggunakan dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) untuk ekspansi bisnis dengan menambah jaringan dalam beberapa tahun ke depan.Kuswantara Kohar, Sekretaris Perusahaan Asuransi Mitra Maparya, mengatakan pihaknya akan menambah sekitar dua unit kantor cabang atau kantor perwakilan per tahun sebagai bentuk ekspansi bisnis perusahaan. Penambahan jaringan diperlukan terutama untuk mendongkrak bisnis yang berasal dari segmen ritel.“Dana IPO itu rencananya untuk ekspansi penambahan kantor cabang. Untuk penambahan cabang, perlu ada tenaga ahli. Nanti akan tergantung kesiapan tenaga kerja. Kemungkinan kantor perwakilan baru dan peningkatan dari kantor perwakilan eksisting menjadi kantor cabang,” ujarnya kepada Bisnis, hari ini.Perusahaan, ujarnya, banyak bermain di segmen asuransi ritel. Dia menuturkan kontribusi lini usaha kendaraan bermotor mendominasi portofolio bisnis hingga 69%. “Dengan perkembangan berikutnya kami ingin ada pengembangan lini usaha lainnya seperti properti dan lain-lain,” ujarnya.Perusahaan akan melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 218 juta lembar saham dengan target dana sebesar Rp200 miliar – Rp300 miliar. Penyelenggaraan IPO tersebut dijadwalkan pada akhir tahun ini.Dalam aksi tersebut, PT Kresna Graha Sekurindo Tbk (Kresna Sekuritas) bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek, pembeli siaga, atau wali amanat.Asuransi Mitra Maparya adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kerugian dengan lini usaha antara lain kendaraan bermotor, kecelakaan pribadi (personal accident/PA), asuransi kebakaran, engineering atau rekayasa, asuransi kargo, liability, dan lain-lain.Saat ini, rencana IPO Asuransi Mitra Maparya masih dalam proses bagian penilaian perusahaan jasa keuangan Bapepam-LK.Berdasarkan direktori perasuransian Indonesia Bapepam-LK 2010, sebanyak 99,99% saham Asuransi Mitra Maparya atau senilai Rp69 miliar dimiliki oleh PT Griya Insani. Sementara itu sebanyak 0,01% atau senilai Rp2,05 juta saham perusahaan dimiliki oleh PT Arya Mitra.Saat ini, perusahaan memiliki tiga kantor cabang di Medan, Semarang, dan Surabaya, serta 7 kantor perwakilan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bogor, Bandung, Denpasar, Makasar, dan Pekanbaru. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aurelia Nelly
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper