Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tambah modal, BRI luncurkan obligasi Rp3 triliun

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 November 2011  |  17:01 WIB

 

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menyiapkan rencana penerbitan obligasi subordinasi senilai Rp3 triliun pada tahun depan untuk menambah modalnya.
 
Direktur BRI Ahmad Baiquni mengungkapkan aksi korporasi itu akan masuk dalam rencana bisnis bank (RBB). "Kami berencana menerbitkan obligasi subordinasi senilai Rp3 triliun. Tentunya kami mengamati situasi pasar keuangan sebelum menerbitkan obligasi subordinasi," ujarnya kepada Bisnis di Jakarta tadi malam.
 
Menurut dia, hanya opsi penerbitan obligasi subordinasi yang tersedia bagi BRI untuk menambah modal. Berdasarkan aturan Bank Indonesia, sebanyak 50% dari hasil penerbitan obligasi subordinasi bisa diperhitungkan sebagai tier II modal bank.
 
Surat utang ini memiliki hak yang sama (paripasu) dengan seluruh utang subordinasi yang telah ada atau pun yang akan diterbitkan. Namun, obligasi itu memiliki klaim yang lebih rendah (junior claim) dibandingkan dengan klaim kewajiban deposito dan kewajiban lain yang dimiliki oleh bank.
 
BRI telah menyatakan minatnya untuk membeli bank guna mendukung pertumbuhan anorganik. Sebelumnya bank tersebut telah menuntaskan akuisisi PT Bank Agroniaga Tbk. Pada saat yang sama, BRI sebenarnya berminat untuk membeli 15% saham PT Bank Bukopin Tbk melalui penawaran saham terbatas yang digelar oleh bank tersebut.
 
Namun, rencana BRI mendapat tentangan dari pemegang saham Bank Bukopin sehingga batal. BRI membukukan laba bersih sebesar Rp10,43 triliun pada triwulan III 2011, naik 56,69%  dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,66 triliun.
 
Laba tersebut didukung oleh ekspansi kredit yang tumbuh 20,83% atau sebesar Rp47,63 triliun menjadi Rp276,32 triliun, dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp228,70 triliun. (ln)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : M.Munir Haikal

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top