Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indofarma jadi anak usaha Kimia Farma

JAKARTA: PT Indofarma (Persero) Tbk, emiten farmasi pelat merah, akan go private dan menjadi anak perusahaan dari emiten farmasi milik pemerintah lainnya yaitu PT Kimia Farma (Persero) Tbk pada tahun depan.Dirut Indofarma Djakfarudin Junus mengatakan

JAKARTA: PT Indofarma (Persero) Tbk, emiten farmasi pelat merah, akan go private dan menjadi anak perusahaan dari emiten farmasi milik pemerintah lainnya yaitu PT Kimia Farma (Persero) Tbk pada tahun depan.Dirut Indofarma Djakfarudin Junus mengatakan perseroan akan memperkuat produksi Kimia Farma. Kedua BUMN sektor farmasi tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan saling melengkapi."Indofarma kuat di hulu sedangkan Kimia Farma kuat di hilir. Jadi saling melengkapi," tuturnya pada akhir pekan.Dia menjelaskan Indofarma memiliki basis produksi yang kuat. Kapasitas produksi Indofarma mencapai dua hingga tiga kali lipat dari Kimia Farma. Namun, dengan apoteknya, Kimia Farma memiliki basis distribusi yang jauh lebih kuat dari Indofarma.Djakfarudin mengungkapkan keputusan pemerintah untuk memilih Kimia Farma yang menjadi induk perusahaan semata-mata karena aset Kimia Farma yang lebih besar dari aset Indofarma. Meskipun demikian, dia menerangkan, Indofarma cenderung lebih fokus kepada perbaikan kinerja keuangan dan produksi perseroan ketimbang rencana penggabungan dua BUMN farmasi yang dalam istilah Kementerian Negara BUMN disebut re-grouping.Menurutnya, pihaknya lebih fokus kepada rencana kuasi reorganisai dalam rangka perbaikan kinerja perseroan sebagaimana yang telah diinstruksikan Menteri Negara BUMN sebelumnya yakni Mustafa Abubakar."Berhubung Kimia Farma yang akan akuisisi, biar mereka saja yang mengurusnya dan siapapun yang akan akuisisi perseroan, kami maunya dibeli dengan harga mahal karena setelah akuisisi kinerja kami akan bagus," ujarnya. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Ahmad Puja Rahman Altiar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper