Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apple Diam-diam Buat Layar MicroLED Sendiri, Saham Pemasok Bertumbangan

Kinerja saham sejumlah pemasok Apple turun tajam pada perdagangan hari ini, Senin (19/3/2018), menyusul laporan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut sedang menciptakan layarnya sendiri.
iPhone X/apple.com
iPhone X/apple.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja saham sejumlah pemasok Apple turun tajam pada perdagangan hari ini, Senin (19/3/2018), menyusul laporan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut sedang menciptakan layarnya sendiri.

Mengutip beberapa sumber anonim, Bloomberg melaporkan bahwa Apple sedang memproduksi layar dengan jumlah terbatas untuk tujuan uji coba, di sebuah fasilitas yang terletak berdekatan dengan markasnya di California.

Seperti dikutip CNBC, perusahaan yang dikepalai tokoh bisnis terkemuka Tim Cook ini dikabarkan berinvestasi dalam hal pengembangan layar MicroLED generasi berikutnya.

Layar tersebut diciptakan dengan tujuan agar perangkat ponsel lebih ramping dan tidak boros daya. Laporan yang sama juga mengungkapkan pembuatan display MicroLED memiliki tingkat kesulitan lebih besar dibandingkan dengan layar dioda pemancar cahaya organik, atau OLED.

Para teknisi Apple dikabarkan telah membuat kemajuan dan teknologinya saat ini berada pada tahap lanjut. Meski demikian, konsumen mungkin harus menunggu beberapa tahun sebelum melihat hasilnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Apple masih belum bersedia menanggapi pertanyaan yang dilayangkan Bloomberg maupun CNBC.

“Kendali terhadap teknologi MicroLED akan membantu Apple menonjol di pasar smartphone serta mengungguli rival-rivalnya seperti Samsung yang mampu meriap layar superior,” ujar Ray Soneira, yang menjalankan DisplayMate Technologies, sebuah layanan screen tester.

“Langkah pengembangan elemen penting ini menjadi peluang emas bagi Apple. Semua orang bisa membeli layar OLED atau LCD. Tapi Apple bisa memiliki MicroLED,” tambahnya, dikutip Bloomberg.

Menyusul laporan tersebut, harga saham sejumlah pemasok Apple merosot. Apple diketahui memanfaatkan jaringan pemasok, di antaranya Samsung Electronics, yang memproduksi panel OLED untuk iPhone X.

Berdasarkan data Bloomberg, saham Samsung Electronics Co. Ltd. hari ini berakhir turun 0,78% atau 20.000 poin di level 2.537.000 won, setelah dibuka dengan pelemahan 1,02% atau 26.000 poin di posisi 2.531.000.

Saham LG Display Co. Ltd., yang kabarnya diharapkan bisa mulai memasok display untuk Apple, mengalami penurunan lebih tajam sebesar 1,60% atau 450 poin ke posisi 27.750.

Sementara itu di Jepang, saham Sharp Corp. merosot 1,71% ke level 3.445, sedangkan saham Japan Display Inc. drop 2,42% ke posisi 202.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper