Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Beda Prospek Penjualan Daring Emiten Ritel LPPF vs MAPI
Lihat Foto
Premium

Beda Prospek Penjualan Daring Emiten Ritel LPPF vs MAPI

Porsi kontribusi penjualan daring LPPF yang masih tertinggal dari MAPI menjadi pertimbangan para analis untuk memasang prospek yang kontras antar keduanya.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com
17 November 2022 | 10:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Dua emiten ritel besar PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) mengambil strategi serupa demi menangkap peluang di akhir tahun dan 2023. Keduanya makin memperkuat eksistensi di ekosistem perdagangan secara digital.

Matahari Department Store misalnya, membidik pertumbuhan penjualan secara daring (online sales) yang lebih tinggi pada masa mendatang, seiring dengan investasi pada teknologi baru yang disiapkan. Kontribusi penjualan daring saat ini baru sekitar 3 persen dari total penjualan.

CEO Matahari Department Store Terry O'Connor menyebutkan kontribusi tersebut turun dibandingkan dengan masa awal pandemi. Selama 2020 dan 2021, kontribusi penjualan daring mencapai 7 persen dari total penjualan.

Sebagai ilustrasi, penjualan bersih LPPF pada Januari—September 2020 mencapai Rp3,32 triliun sehingga kontribusi penjualan daring diestimasi menyumbang sekitar Rp232,98 miliar. Pada 2021, Matahari membukukan pendapatan sebesar Rp4,08 triliun sampai akhir kuartal ketiga, sehingga kontribusi penjualan online diperkirakan mencapai Rp285,93 miliar.

"Level tertinggi kontribusi pada total penjualan mencapai 7 persen selama pandemi. Setelah pandemi sekitar 3 persen, karena kami lihat konsumen Indonesia lebih suka berbelanja langsung ke mal,” kata Terry dalam wawancara dengan Bisnis akhir Oktober 2022.

Adapun sampai akhir kuartal III/2022, pendapatan bersih yang dibukukan Matahari mencapai Rp4,96 triliun. Nilai tersebut naik 21,53 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan Rp4,08 triliun pada periode yang sama tahun. Dengan asumsi kontribusi penjualan daring saat ini sebesar 3 persen, maka nilainya mencapai Rp148,93 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top