Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Nasabah beraktivitas di dekat logo PT Bank Raya Indonesia Tbk., Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Lihat Foto
Premium

Kuda-kuda Bank Raya (AGRO) Hadapi Keraguan

Meski sempat bersiap jadi bank digital, Bank Raya (AGRO) akhirnya mengubah rencananya. Sanggupkah perseroan menjawab keraguan?
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com
24 Juni 2022 | 09:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan PT Bank Raya Indonesia Tbk. (AGRO), untuk tidak menjaidi bank murni digital, bukannya tanpa implikasi. Manuver ini terindikasi bikin investor publik, yang semula berharap besar entitas ini bisa menjadi bank digital penuh, mulai ragu.

Keraguan ini salah satunya tercermin dari gerak harga saham AGRO, yang belakangan semakin kerap diobral. Hingga penutupan Kamis (23/6/2022) kemarin, saham AGRO hanya ditransaksikan pelaku pasar seharga Rp765 per saham, melemah 17,74 persen bulanan dan 57,73 persen year to date (ytd).

Namun, keraguan ini tampaknya tidak membuat perseroan mengubah keputusannya. Meski tidak akan menjadi bank yang sepenuhnya digital, manajemen optimistis penetrasi digital mereka nantinya bisa diadu dengan bank-bank kompetitor selevel.

Rencana lama AGRO, yang ingin menjadi pemeran penting dalam ekosistem Grup BRI, juga masih menjadi salah satu fokus. Bedanya, kali ini fokusnya bukan melulu bicara soal ekosistem aplikasi.

Sekretaris Perusahaan Bank Raya Ajeng Putri Hapsari mengatakan saat ini perusahaan mengembangkan host-2-host bersama Grup BRI. Strategi tersebut diklaim akan membuat nasabah Bank Raya tetap bisa melakukan transaksi selain menggunakan platform digital, juga difasilitasi dengan unit kerja BRI hingga di pelosok.

Sementara itu untuk mengakuisisi nasabah di daerah, kata Ajeng, perseroan melakukan penetrasi melalui ekosistem BRI yaitu pemberian fasilitas pinjaman kepada Agen BRILink, yang saat ini sudah dilakukan piloting berupa pemberian fasilitas Pinang Dana Talangan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top