Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pilihan Investasi SBR011 di Tengah Kondisi Ekonomi yang Tak Pasti
Lihat Foto
Premium

Pilihan Investasi SBR011 di Tengah Kondisi Ekonomi yang Tak Pasti

Surat berharga negara ritel SBR011 berpotensi digandrungi investor ritel saat kondisi perekonomian tak pasti dan bervolatilitas tinggi.
Dwi Nicken Tari & Lorenzo Mahardhika
Dwi Nicken Tari & Lorenzo Mahardhika - Bisnis.com
27 Mei 2022 | 16:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia kembali menawarkan surat berharga negara untuk ritel bertajuk Savings Bond Ritel atau SBR. Obligasi negara dengan seri terbaru SBR011 ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya dapat dibeli mulai dari Rp1 juta selama masa penawaran yaitu 25 Mei 2022 hingga 16 Juni 2022.

Obligasi ritel SBR011 pun dapat menjadi pilihan investasi di tengah-tengah ketidakpastian kondisi ekonomi. Pasalnya, instrumen ini memberikan imbal hasil yang kompetitif dengan kupon minimal 5,50 persen per tahun. Tak hanya itu, daya tarik SBR011 juga terletak dari sisi keamanannya karena dijamin oleh negara.

Direktur Mandiri Sekuritas Theodora Manik mnejelaskan setidaknya ada empat manfaat bagi investor untuk mengoleksi SBR011. Pertama, produk ini mudah diakses secara daring melalui mitra distribusi. Adapun, Mandiri Sekuritas termasuk mitra distribusi SBR011 bersama dengan 26 midis lainnya.

Kedua, investasi SBR011 terjangkau dengan minimal pembelian sebesar Rp1 juta hingga maksimal Rp2 miliar. Ketiga, obligasi negara SBR011 memberikan kupon minimal dengan floor rate sebesar 5,50 persen per tahun dan keempat produk ini aman dengan jaminan dari pemerintah.

Surat Utang Negara (SUN) jenis ritel ini dijual khusus untuk Warga Negara Indonesia (WNI) secara daring mulai 25 Mei sampai dengan 16 Juni 2022. SBR011 memiliki tenor selama dua tahun, sehingga akan jatuh tempo pada 10 Juni 2024. Sedangkan kupon akan dibayarkan setiap bulan pada tanggal 10 mulai 10 Agustus 2022.

 “Tahun 2022 ini, pemulihan ekonomi nasional semakin digencarkan, salah satunya dengan menyediakan modal untuk biaya pembangunan sambil mengajak masyarakat untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan,” kata Theodora, Jumat (27/5/2022).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top