Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto udara pabrik pengolahan nikel milik PT Aneka Tambang Tbk. di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (24/8/2020). PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) mencatat pertumbuhan positif kinerja produksi unaudited komoditas feronikel pada periode triwulan ke-2 tahun 2020 sebesar 6.447 ton nikel dalam feronikel (TNi) atau naik sebesar dua persen dibandingkan kuartal sebelumnya. ANTARA FOTO - Jojon
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis : Antam (ANTM) Royal Bagi Dividen 30 Persen Walau Laba Turun

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dikenal sebagai emiten yang royal dan rutin membagi dividen. Walaupun laba turun pada 2008, perseroan tetap membagikan dividen sebesar 30 persen kepada pemegang saham.
Mutiara Nabila & Dwi Nicken Tari
Mutiara Nabila & Dwi Nicken Tari - Bisnis.com
20 Mei 2022 | 15:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) tetap membagikan dividen sekitar 30 persen pada 2009 kendati laba bersih perseroan pada tahun sebelumnya tergerus akibat penurunan harga feronikel.

Melihat pemberitaan harian Bisnis Indonesia edisi 20 Mei 2009, jumlah dividen yang akan dibagikan Antam hanya Rp390 miliar atau jauh dari total dividen tahun sebelumnya Rp2,05 triliun.

Sekretaris Perusahaan Antam yang saat itu dijabat oleh Bimo Budi Satriyo menyampaikan dividen dari emiten dengan kode saham ANTM tersebut tidak akan sebesar dividen pada tahun sebelumnya yang mencapai 40 persen dari laba bersih.

“Tahun lalu laba bersih kami hanya Rp1,3 triliun, akan sangat sulit bagi kami membagikan dividen menyamai tahun sebelumnya yang mencapai 40 persen. Dividen yang bisa dibagi minimal 30 persen dan tidak sampai 40 persen,” kata Bimo.

Berdasarkan laporan keuangan per 2008, laba bersih Antam turun 74 persen menjadi Rp1,31 triliun dibandingkan tahun sebelumnya Rp5,13 triliun. Laba bersih per saham juga turun menajdi Rp538,08 per saham menjadi Rp137,76 per saham.

Adapun penjualan Antam pada 2008 turun 21 persen menjadi Rp9,54 triliun dari sebelumnya Rp12,01 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top