Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik.  - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Lihat Foto
Premium

Menilik Pergeseran Peta Dompet Digital Milik Para Taipan

Industri dompet digital baru-baru ini diramaikan oleh peralihan kepemilikan dari satu taipan ke taipan lain. Di sisi lain para pemain baru pun bermunculan, yang didukung oleh beberapa konglomerat Indonesia.
Tim Bisnis Indonesia
Tim Bisnis Indonesia - Bisnis.com
04 Maret 2022 | 13:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, pergeseran kepemilikan atas bisnis dompet digital tampak terus terjadi. Kemunculan para pemain baru, pun makin meramaikan industri keuangan di Indonesia tersebut.

Fenomena itu seolah membantah perkiraan para pengamat, bahwa era ekosistem tertutup yang berusaha dibangun oleh para penyelenggara uang elektronik berbasis aplikasi (start up), akan memudar seiring suksesnya peluncuran Standar Nasional Open API (SNAP) pada medio Agustus 2021. 

Adapun, peta bisnis dompet digital sejak tahun lalu hingga awal tahun ini telah mengalami cukup banyak perubahan. Sebab, beberapa perusahaan dompet digital, terekam mengalami perubahan kepemilikan sahamnya. Sementara itu, beberapa pemain baru pun bermunculan.

Perubahan kepemilikan atas dompet digital, salah satunya dialami oleh OVO. Perusahaan dompet digital yang identik dengan warna ungu tersebut, beralih kepemilikan dari Grup Lippo dan Tokopedia, menjadi sepenuhnya ke Grab Holdings Inc. pada Oktober 2021 lalu.

Hal itu terjadi setelah Grab menambah kepemilikan sahamnya di OVO menjadi sekitar 90 persen dengan mengakuisisi saham dari PT Tokopedia dan Lippo Group.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Senin (4/10/2021), Grab meningkatkan kepemilikannya di PT Bumi Cakrawala Perkasa, induk Ovo, dari sekitar 39 persen. Aksi korporasi yang dilakukan oleh Grab tersebut diperkirakan merupakan bagian strategi perusahaan yang ingin memperbesar peluangnya untuk memperkuat layanan keuangannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top