Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik di usaha kuliner dan kopi Warung Pinus, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Lihat Foto
Premium

Akses Bukalapak dan Grab di Bank Digital Indonesia Kian Meluas

Akses PT Bukalapak.com (BUKA) dan Grab di bisnis bank digital diyakini makin meluas setelah keterlibatannya dalam rights issue PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI).
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
05 Januari 2022 | 08:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Akses dua perusahaan digital yakni PT Bukalapak.com (BUKA) dan Grab ke bisnis bank digital diperkirakan makin meluas setelah turut mendekap saham PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI). Sebelumnya, Bukalapak dan Grab diperkirakan akan dilibatkan dalam pengembangan bisnis Emtek di sektor perbankan, lewat Bank Fama.

Adapun, BUKA menyerap saham BBHI melalui skema penambahan modal dengan menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Selain BUKA, terdapat nama H Holdings Inc. yang merupakan perusahaan terafiliasi dengan Grab, yang juga ikut serta dalam rights issue BBHI itu.

Rights Issue Allo Bank akan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 13 Januari hingga 19 Januari 2022.

Dalam prospektusnya disebutkan Allo Bank akan menerbitkan HMETD sebanyak 10,05 miliar saham biasa dengan nominal Rp100 per saham dengan harga pelaksanaan Rp478. Adapun dana yang akan diterima perseroan dalam aksi korporasi ini diperkirakan mencapai Rp4,80 triliun. 

Sementara Mega Corpora yang memiliki kepemilikan 90 persen saham BBHI menyatakan hanya akan menyerap 2,71 miliar lembar saham atau setara 30 persen dari keseluruhan haknya.

Sebanyak 70 persen dari seluruh jatah rights issue Mega Corpora, akan diberikan kepada enam investor strategis, yakni Bukalapak, Abadi Investments Pte. Ltd, PT Indolife Investama Perkasa, H Holdings Inc, Trusty Cars Pte. Ltd, dan PT CT Corpora.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top